Honor Linmas Wewenang Sekretaris KPU

KARIMUN (HK)- Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko membenarkan kalau honor petugas Linmas hanya sebesar Rp400 ribu sebelum dipotong pajak.

Kalau ada petugas Linmas yang menerima honor utuh Rp400 ribu, artinya honor mereka itu belum dipotong pajak dan harus segera dikembalikan.

“Sebenarnya, bicara honor petugas Linmas bukanlah kewenangan kami. Bicara anggaran itu kan kewenangan Sekretaris dan Bendahara KPU yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang ditugaskan di KPU. Sementara, tugas kami sebagai komisioner hanya sebagai penyelenggara pelaksanaan pemilu,” ungkap Eko menjawab terkait keluhan kecilnya honor petugas Linmas, Kamis (18/4).

Eko menjelaskan, dalam pagu anggarannya honor petugas Linmas memang tidak besar. Dalam nomenklaturnya honor petugas Linmas itu memang sebesar Rp400 ribu per orang.

Jika jumlah TPS di Karimun sebanyak 780 TPS, sementara masing-masing TPS dijaga oleh 2 orang Linmas. Artinya, anggaran untuk Linmas itu hanya sebesar Rp624.000.000.

Eko mengakui, pihaknya juga telah mendapat informasi keluhan dari petugas Linmas terkait honor yang mereka terima. Bahkan, ada beberapa orang Linmas yang sempat mendatangi Kantor KPU Karimun. Kedatangan mereka guna mempertanyakan soal kecilnya honor mereka. (ham)

(Visited 1 times, 1 visits today)