Berita Bohong Meninggalnya Muhamad Dai Dilaporkan ke Bawaslu

Bukti Pelaporan Muhamad Dai ke Bawaslu KKA. (yudi/haluankepri.com)

Bukti Pelaporan Muhamad Dai ke Bawaslu KKA. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Tim pemenangan Muhamad Dai secara resmi melaporkan berita hoax meninggalnya Wakil Ketua Komisi III DPRD Anambas ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Selasa (23/4).

Diketahui, isu meninggalnya Muhamad Dai membuat ia yang mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPRD gagal total. Parahnya, isu itu dihembuskan pelaku saat subuh hari menjelang pemilihan dilaksanakan Rabu (17/4) silam.

Hafis Rhiandy, Ketua Tim Pemenangan Muhamad Dai mengatakan, laporan tersebut bernomor 07/LP/PL/Kab/10.07/IV/2019 terkait dugaan pelanggaran Pemilu.

“Kita sudah kita laporkan dugaan pelanggaran pemilu dengan menebar berita bohong meninggal Muhamad Dai menjelang pemilihan dilaksanakan,” ujar Hafis, saat dikonfirmasi awak media.

Ia mengungkapkan, laporan yang disampaikan ini terkait fitnah dan berita bohong Muhamad Dai yang disebarkan orang yang tidak bertanggung jawab ke TPS-TPS.

“Saat menyampaikan laporan tadi ke Bawaslu ada Gakumdu disana,’katanya.

Pihaknya lanjut dia, diberikan informasi bahwa akan dilaksanakan rapat internal terlebih dahulu, apakah persoalan ini masuk dalam tindak pidana murni atau pelanggaran Pemilu.

“Laporan tadi diterima langsung oleh Komisioner Bawaslu, Anwar,” jelasnya.

Barang bukti yang diserahkan antara lain yakni satu buah flasdish yang isinya tentang percakapan isu kematian Muhamad Dai yang sengaja disebarkan ke TPS.

“Salah satunya adalah TPS 5 Teluk Rit Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan,” tegasnya.

Ia menyampaikan, gerakan yang dilakukan itu masif dan terencana, hal ini dikarenakan kondisi Pak Dai yang sedang sakit dan dirawat di Rumah Sakit OB.

Pihaknya tambah dia, tidak menuduh dan hanya menduga berdasarkan saksi yang menyebutkan yang menyampaikan kabar bohong tersebut adalah orang yang sama.

Namun demikian ia meyakini isu yang dihembuskan tersebut sangat erat kaitannya dengan kompetisi pileg yang sedang berlangsung.

Masih kata Hafiz, terlepas dari menang atau kalah, apa yang dilakukan penebar fitnah ini sudah melakukan pelecehan kehormatan dan harga diri M Dai sebagai anggota DPRD dan Ketua PAN.

Sementara itu, Yopi Susanto, Ketua Bawaslu KKA membenarkan adanya pelaporan terkait isu hoax kepada Muhammad Dai, dan saat ini sedang dalam pengkajian, sesuai dengan ketentuan yang ada masih ada waktu dua hari untuk memutuskannya apakah ini lanjut atau tidak

“Kita masih dalam proses pengkajian apakah dilanjutkan atau tidak,”katanya.(yud).

(Visited 9 times, 1 visits today)