Surat Suara Kuba Sampai ke KPU Karimun

Petugas PPK Kuba saat mempersiapkan proses pengiriman surat suara ke KPU Karimun. ILHAM

Petugas PPK Kuba saat mempersiapkan proses pengiriman surat suara ke KPU Karimun. ILHAM

KARIMUN (HK)-Surat suara Pemilu 2019 dari Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Kundur Barat (Kuba) sudah sampai di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Selasa (23/4). Sementara, surat suara dari PPK Durai, Ungar, Belat dan Buru diperkirakan sampai ke kantor KPU, Rabu (24/4).

“Dari 12 PPK yang ada di Karimun, baru surat suara dari PPK Kundur Barat yang sudah sampai ke KPU, sementara surat suara dari PPK Durai, Ungar, Belat dan PPK Buru menurut informasi yang kami terima akan sampai hari ini (kemaren, red) juga,” ungkap Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko, Rabu (24/4).

Menurut dia, proses pengembalian surat suara dari pulau ke KPU Karimun menggunakan sarana angkutan laut. Untuk sarana penjemputnya, KPU Karimun sudah menyiapkan armada kapal ke pulau-pulau tersebut. Alur pengembalian kotak suara dimulai dari Kecamatan Durai, Ungar, Belat dan Buru hingga kembali ke KPU.

Kata Eko, seluruh surat suara dari PPK yang ada di Kabupaten Karimun paling lambat harus sudah masuk ke KPU Karimun pada 27 April 2019. Sebab, menurut rencana KPU Karimun akan melakukan rapat pleno rekapitulasi surat suara pada 28 atau 29 April. Dia berharap, kepada seluruh PPK agar segera menyelesaikan proses rekapitulasi surat suara.

Ketua PPK Kundur Barat Azman menambahkan, pengembalian surat suara dari PPK Kundur Barat ke KPU Karimun menggunakan boat pancung. Pengembalian surat suara itu mendapat pengamanan ketat dari aparat TNI-Polri. Jumlah kotak suara yang dikembalikan sebanyak 300 kotak, sementara kotak suara yang berisi 11 kotak.

“Alhamdulillah, pengembalian kota surat suara dari PPK Kundur Barat sudah berjalan dengan aman dan lancar. Pengamanan dilakukan oleh aparat TNI dan Polri. Jumlah kotak surat suara yang kami balikkan itu sebanyak 300 kotak dan berisi surat suara 11 kotak,” ungkap Azman.

Bukan hanya di tingkat PPK, Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah Kabupaten Karimun dari Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karimun juga turut melakukan penghitungan surat suara. Tim tersebut mendirikan posko pemantau di Hotel 21 Coastal Area Tanjungbalai Karimun.

“Kami juga melakukan penghitungan surat suara di tingkat TPS, mulai dari pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten. Penghitungan surat suara dari seluruh TPS yang ada di Kabupaten Karimun,” ungkap Ketua Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah Kabupaten Karimun, Herdan Firdaus.

Herdan yang juga Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Karimun menambahkan, tim terus melengkap data dengan mengirimkan data terakhir penghitungan surat suara dari TPS-TPS yang ada. Hanya saja, proses pengiriman data agak terganggu karena pengaruh sinyal telekomunikasi.

“Kami akan terus melengkapi data surat suara yang masuk dari tim yang bekerja di lapangan. Namun, karena TPS kita banyak yang berada di pulau-pulau, sementara jaringan telekomunikasi kurang lancar, maka belum semua data yang bisa masuk ke meja tim yang berada di Hotel 21,” ujarnya. (ham)