Kemenag Kepri Gelar Pembinaan Pemuda dan Remaja Masjid

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara, tengah menyampaikan sambutannya. (ist)

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara, tengah menyampaikan sambutannya. (ist)

Tanjungpinang (HK) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kepri menggelar kegiatan pembinaan pemuda dan remaja masjid se Provinsi Kepri. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Edi Batara, Kamis (25/4/2019) di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang. Hadir dalam acara pembukaan antara lain, para Kasi di lingkungan Bidang Bimas Islam, Kasi Bimas Islam Kemenag Lingga, Karimun dan sejumlah peserta.

Ketua Panitia Kegiatan, Afifah Mardiah menyebutkan kegiatan pembinaan dilaksanakan 25-27 April 2019. Tema yang diangkat adalah “Menjadi pemuda dan remaja masjid yang berkarakter di era milenial”.

“Tujuan kegiatan adalah mencetak pemuda dan remaja masjid yang berkarakter, cerdas, jujur, mandiri dan kritis serta taat agama,” kata Afifah Mardiyah yang merupakan Kasi Urais dan Binsyar itu.

“Dengan kegiatan ini diharapkan remaja masjid mendalami tata kelola organisasi remaja masjid di lingkungan masing-masing. Peserta seluruhnya berjumlah 30 orang yang merupakan perwakilan pemuda dan remaja masjid,” tambah Afifah.

Sementara itu, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara dalam arahannya mengatakan Allah SWT tidak akan memberikan sesuatu kepada seseorang sampai seseorang itu mengusahakannya. Kalimat tersebut merupakan tantangan bagi pemuda untuk bekerja lebih keras di era milenial, apakah remaja itu ingin sukses atau tidak.

“Sejak awal sekali Rasulullah SAW mengingatkan kepada kita untuk memanfaatkan waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang matimu,” ujar Edi Batara mengutip sebuah hadist.

“Jika kita perhatikan kesuksesan Rasulullah di jalan dakwah juga berkat dukungan para pemuda yang sejak awal masuk Islam, seperti Umar Bin Khattab. Demikian pula kemerdekaan Indonesia juga berkat perjuangan para pemuda yang telah berjuang habis-habisan seperti Bung Tomo, Jenderal Soedirman, dan tokoh muda lainnya,” ucap Edi Batara. (fhy/r)

(Visited 2 times, 1 visits today)