Kakanwil Kemenag Kepri Beri Pembinaan pada Remaja Masjid

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (tengah) foto bersama dengan para peserta. (ist)

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (tengah) foto bersama dengan para peserta. (ist)

Tanjungpinang (HK) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Propinsi Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA memberikan materi pada kegiatan Pembinaan Pemuda dan Remaja Masjid se-Kepri pada, Jumat (26/4/2019) yang diselenggarakan oleh Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta se-Kepri itu mengangkat tema Menjadi Pemuda dan Remaja Masjid yang Berkarakter di Era Milenial.

Dalam kesempatan itu Kakanwil mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk mencetak generasi muda Islam yang memiliki karakter yang kuat, jujur, mandiri, kritis dan tentunya taat terhadap ajaran agama.

Menurut Kakanwil, ciri taat terhadap ajaran agama dicerikan dalam Alquran yaitu terdapat dalam QS. Attaubah ayat (18) yang maknanya, “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Lebih lanjut dikatakannya, remaja masjid harus mengambil peran dalam kegiatan keagamaan terutama selama Ramadhan 1440 H yang sudah dekat.

Disampaikannya juga, Kementerian Agama memegang peranan penting dalam pembangunan kehidupan bidang agama yang ditandai dengan peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam kepada pemuda dan remaja masjid, peningkatan kualitas pelayanan keagamaan, optimalisasi potensi ekonomi yang dikelola oleh pranata keagamaan, dan pemberdayaan lembaga sosial keagamaan termasuk organisasi remaja masjid.

“Untuk itu, Kemenag berkepentingan melakukan pembinaan pada remaja-remaja masjid terutama mereka yang menjadi pengurus remaja masjid sebagai mitra dalam mendakwahkan agama Islam di tengah generasi mileneal. Agar apa yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama Islam, maka dilakukanlah kegiatan pembinaan secara berkelanjutan,” kata Kakanwil.

Kakanwil Kemenag Kepri juga menyebutkan, terdapat 372 masjid dan mushala yang ada di Bintan atau 12 %, 492 masjid dan musholla di Karimun atau 15 %, 140 masjid dan musholla di Anambas atau 4 %, 298 masjid dan musholla di Lingga atau 9 %, 268 masjid dan musholla di Natuna atau 9%, 1.319 masjid dan musholla di Batam atau 41 %, dan 266 masjid dan musholla di Tanjungpinang atau 9 %.

Terakhir, Kakanwil berharap agar generasi muda Islam membentengi diri dari pengaruh budaya asing yang negatif, melindungi diri dari pengaruh radikalisme yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dengan memperbanyak belajar dan menuntut ilmu. (fhy/r)

(Visited 1 times, 1 visits today)