Jelang Ramadhan, Kegiatan Saber Dilakukan di Pemakaman

Warga Kelurahan Tarempa sedang melaksanakan Saber di pemakaman muslim Kampung Melayu. (yudi/haluankepri.com)

Warga Kelurahan Tarempa sedang melaksanakan Saber di pemakaman muslim Kampung Melayu. (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Jelang Ramadhan 1440 H, Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan menggelar Sabtu Bersih (Saber) di pemakaman muslim Kampung Melayu. Kegiatan tersebut digelar selama dua minggu yakni tanggal 20 dan 27 April 2019.

Syamsir, Lurah Tarempa mengatakan, kegiatan Saber untuk dua minggu belakangan agak berbeda dari biasanya, karena fokus di pemakaman Kampung Melayu.

“Kalau biasanya kita membersihkan di area lingkungan, menjelang Ramadhan ini kita fokus membersihkan area pemakaman,” katanya, Minggu (28/4).

Menurut dia, langkah tersebut dilakukan agar mempermudah penziarah untuk memanjatkan doa di makam keluarganya. Apalagi pemakaman ini merupakan pemakaman terbesar di Kota Tarempa.

“Jadi saat keluarga datang untuk berziarah, makam sudah bersih dan memudahkan untuk memanjatkan doa,” bebernya.

Ia melanjutkan, sejatinya kegiatan yang dilakukan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan ini akan dilakukan secara terus menerus.

“Insya Allah kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya,” tegasnya.

Selain itu, tambah dia, ini tradisi yang sudah berjalan ratusan tahun menjelang masuk puasa. Banyak hikmah gotong royong membersihkan makan sambil ziarah.

“Ini tandanya ikatan keluraga dan kerabat tidak putus, yang telah mendahului kita doakan, yang masih hidup agar mengambil hikmah dari ziarah kubur ini,” katanya. (yud)