Kompac Berharap Pelatihan dari Dinas Koperasi dan Disnaker

Para pengurus Kompac foto bersama dengan perwakilan Dinas Koperasi Batam di sela-sela rapat anggota tahunan di gedung percetakan Era Cipta Perdana, Pelita, Sabtu (27/4) malam. (damri/haluankepri.com)

Para pengurus Kompac foto bersama dengan perwakilan Dinas Koperasi Batam di sela-sela rapat anggota tahunan di gedung percetakan Era Cipta Perdana, Pelita, Sabtu (27/4) malam. (damri/haluankepri.com)

BATAM (HK) – Koperasi Maju Praktisi Air Conditioning (Kompac) adalah satu-satunya koperasi yang bergerak di bidang jasa pendingin dan tata udara. Angotanya adalah para teknisi AC yang ada di Batam.

Ketua Koperasi Kompac, Salnofri, mengungkapkan, pihaknya berharap Dinas Koperasi Batam dapat terus melakukan pembinaan dan perhatian khusus kepada anggota kompac, terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dan sistem pengelolaan koperasi agar semua anggota memahaminya.

“Kita berharap ada pelatihan dan perhatian dari Dinas Koperasi. Tujuannya, agar kami bisa menjalankan koperasi ini termasuk usaha masing-masing anggota,” ucap Salnofri saat rapat anggota tahunan Kompac di gedung Percetakan Era Cipta Perdana, Pelita, Sabtu (27/4/2019) malam.

Selain itu, ucap Salnofri, pihaknya juga berharap Dinas Tenaga Kerja Batam bisa bekerjasama dengan pihaknya dalam pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan AC.

“Beberapa waktu lalu kami ingin mengadakan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK), tapi terkendala, karena LPK tidak bisa didirikan oleh Koperasi. Karena itu, kami minta kepada Dinas Koperasi untuk membantu masalah yang kami hadapi,” ujarnya lagi.

Salnofri menjelaskan, saat ini koperasi yang dia pimpin itu sudah bekerjasama dengan sejumlah SMK di Batam, seperti, SMKN 3, SMKN 7, SMK Hang Tuah. Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah menampung siswa-siswa sekolah itu untuk PKL di Kompac.

Disampaikannya juga, dari segi keuangan Kompac, dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Sebab itu, ucap Salnofi, pihaknya optimis tahun depan koperasi itu akan makin berkembang, apa lagi tahun depan akan ada bantuan layanan umum daerah (BLUD) dari Pemko Batam.

“Para pengurus koperasi Kompac selalu memberikan pelatihan-pelatihan kepada anggotanya diantaranya, pelatihan tentang Kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Karena keselamatana kerja itu sangat penting bagi seseorang teknisi ac,” bebernya.

Sementara itu, pendamping Kompac, Aladin Pardede, mengatakan, pengurus koperasi apabila mendapatkan masalah agar bisa berkonsultasi dengan Dinas Koperasi. Aladin berharap anggota Kompac agar selalu melakukan kewajiban sebagai anggota, seperti membayar simpanan wajib.

“Banyak keuntungan didapat menjadi anggota koperasi. Tidak sekedar mencari keuntungan, tetapi juga bisa bersama-sama mencapai tujuan yang diinginkan,” ucap Aladin.

Sementara itu, penyuluh koperasi dari Dinas Koperasi Batam, Rinto mengatakan Kompac dengan umurnya yang lebih kurang 3 tahun sudah menunjukan perkembangan cukup baik.

“Koperasi ini telah menerapkan aturan-aturan yang ada. Saya percaya, kedepan koperasi ini makin berkembang,” ucapnya.

Dikatakannya, Dinas Koperasi akan terus melakukan pembinaan kepada anggota Kompac agar makin memahami hal-hal tentang pembukuan sebuah koperasi.

“Apabila ada keraguan bisa langsung berkoordinasi dengan kami,” tuturnya. (cw64)

(Visited 14 times, 1 visits today)