BPN Temukan 9.440 Salah Input C1

WARGA mengakses input data C1 menggunakan handphone.Foto:Antara

Relawan IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) mendapati adanya kesalahan input dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng) mencapai 9.940 salah input. Temuan ini jauh lebih besar dari yang dilaporkan KPU ada 150 salah input.

“Dalam waktu tiga hari (27-29 April) kami menemukan 9.440 kesalahan input.

Kesalahan itu meliputi selisih suara, jumlah pemilih melebihi DPT, dan jumlah suara sah tidak cocok dengan total suara.

Kesalahan terbanyak pada input data dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah,” papar Koordinator Relawan IT BPN, Mustofa Nahrawardaya, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4).

“Setiap hari kami menemukan lebih dari 1.000 kesalahan. Polanya sangat konsisten,” tambah Mustofa.
BPN menuding ada indikasi pola input dari daerah tertentu tinggi yang menguntungkan paslon 01, dan merugikan paslon 02. Polanya sangat baku dan konsisten. Ada yang sangat cepat, tapi ada yang sangat lambat.

“Ini sangat mencurigakan,” kata Mustofa.
View image on TwitterView image on TwitterView image on TwitterView image on Twitter

Tim akan melaporkan ribuan kesalahan entri data dalam sistem aplikasi penghitungan suara (Situng) KPU kepada Bawaslu dan KPU. Dengan laporan tersebut diharapkan Bawaslu dan pihak terkait bisa mengkaji dan mengambil tindakan lebih konkret.

“Semula kami berencana akan melaporkan temuan ini hari Rabu 1 Mei. Tapi karena Rabu hari libur Mayday, Insyaallah hari Kamis tanggal 2 Maret kami akan ke Bawaslu dan KPU,” pungkasnya.(sumber:kumparan.com)

(Visited 6 times, 1 visits today)