Rapat Pleno KKA Aman dan Lancar

(yudi/haluankepri.com)

(yudi/haluankepri.com)

– KKA Kondusif di tengah Keberagaman

ANAMBAS (HK) – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 lalu di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), baik legislatif dan pemilihan presiden mencapai puncaknya. Hal itu ditandai dengan rapat pleno terbuka tingkat kabupaten yang digelar di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Kamis (2/5). Pada pleno yang berlangsung hingga pukul 02.30 WIB Jumat (3/5) dinihari, akhirnya diperoleh pemenang, baik untuk presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) KKA, Jupri Budi itu, masing-masing saksi, baik itu dari pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo-Sandi, sama-sama menerima hasil pleno dan akhirnya sama-sama menandatangani berita acara rekapitulasi pleno KPUD KKA. Pleno berjalan lancar
dengan dukungan penuh dari pihak keamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolres KKA, AKBP Junoto, SIK yang ikut berada di gedung BPMS hingga pukul 03.00 WIB dinihari.

“Alhamdulillah, rapat pleno terbuka tingkat Kabupaten berjalan aman, lancar, dan kondusif. Hasilnya, tidak hanya diterima oleh peserta pemilu, namun juga diterima oleh seluruh masyarakat Anambas,” ujar Budi, Jumat (3/5/2019).

Disampaikannya, suksesnya penyelenggaraan pemilu di KKA sampai penetapan pemenang, sesuai dengan harapan masyarakat yang diamanahkan kepada KPU serta pihak keamanan.

Kesuksesan pesta demokrasi di Anambas, ucapnya, juga terlihat dari partisipasi pemilih yang berkisar 83 persen atau lebih tinggi dari target nasional sebesar 77,5 persen.

“Kesuksesan juga ditandai dengan diterimanya hasil pleno oleh semua peserta pemilu. Tidak ada satupun parpol maupun per orangan serta saksi pilpres yang menyanggah hasil pleno rekapitulasi. Tidak ada data yang mereka pegang berbeda dengan hasil pleno,” jelasnya lagi.

Ia juga mengapresiasi dukungan penuh dari aparat TNI Polri yang ada di Anambas yang terus membantu pengamanan, distribusi logistik. Kondusifitas selalu terjaga, masyarakat aman, damai, nyaman selama proses pemilu berlangsung.

“Ini menjadikan Anambas daerah perdana yang menyelesaikan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di Provinsi Kepri,” ujar Budi lagi.

Kabupaten ini, lanjutnya, terletak diperbatasan dan multietnis, namun, masyarakat berpartisipasi penuh dalam sukseskan pemilu.

(yudi/haluankepri.com)
(yudi/haluankepri.com)

Sementara itu, Ketua Bawaslu KKA, Yopi Susanto, juga menyampaikan hal yang sama. Sepanjang tahapan, ucap Yopi, kondisi di Anambas tetap aman dan damai, meski ada Pemilihan Suara Ulang (PSU), namun itu hanya kesalahan administrasi.

“Secara keseluruhan, Pemilu di Anambas baik. Kita apresiasi dukungan TNI Polri dan stakeholder yang ada dalam menyukseskan pemilu,” ungkap Yopi.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris Daerah KKA, Sahtiar.

“Kita sangat mengapresiasi jalannya pemilu di daerah ini yang berjalan lancar, sesuai harapan masyarakat,” ungkap Sahtiar.

Kapolres KKA, AKBP. Junoto, SIK mengatakan, pihaknya berupaya maksimal dalam mendukung terselenggaranya pemilu yang aman, damai, jujur, dan adil.

Untuk itu, sejak awal dari mulai pendistribusian logistik yang diperkirakan jadi kendala di Anambas, ternyata mampu diatasi dengan baik.

“Koordinasi dan komunikasi menjadi kunci sukses dalam terciptanya Pemilu yang aman dan damai,” kata Junoto.

Sejak pertama, tambah dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk melakukan perencanaan dan persiapan yang matang.

“Kuncinya adalah koodinasi dan komunikasi yang terjalin baik,” tegasnya.

Dalam melaksanakan pengamanan, lanjut Junoto, pihaknya melibatkan 200 personil secara keseluruhan, baik dari BKO Polda, TNI dan Organik Polres Anambas. (yud)