Kakawil Kemenag Kepri: Utamakan Shalat Berjamaah

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, saat memberikan tausiyah ba'da zuhur di Masjid Al Khaif Kanwil Kemenag Kepri di Tanjungpinang, Senin (6/5). (ist)

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, saat memberikan tausiyah ba'da zuhur di Masjid Al Khaif Kanwil Kemenag Kepri di Tanjungpinang, Senin (6/5). (ist)

Tanjungpinang (HK) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, mengingatkan jajarannya untuk mengutamakan shalat berjamaah di masjid. Menurutnya, banyak manfaat yang diperoleh jika shalat dilakukan berjamaah selain pahala yang berlipat ganda.

“Saya minta, begitu adzan terdengar, bersegeralah ke masjid, tinggalkan pekerjaan untuk sementara. Setelah shalat, kita berdoa bersama dan isi dengan kultum usai shalat untuk menambah pengetahuan kita. Saya tidak ingin mendapatkan dosa gara-gara staf saya ada yang meninggalkan shalat berjamaah hanya untuk urusan pekerjaan. Apalagi ini bulan puasa,” kata Kakanwil saat memberikan tausiyah ba’da Dzuhur di Masjid Al Khaif Kanwil Kemenag Kepri di Tanjungpinang, Senin (6/5).

“Jangan tunda-tunda, jika sudah terdengar adzan lakukan segera. Karena kita tidak tahu apakah besok kita masih hidup atau tidak. Dan soal ibadah kita semua akan dimintai pertanggungjawabannya. Tidak ada yang bisa menolong kecuali amal ibadah kita sendiri,” tambahnya.

Kakanwil juga meminta kepada jajarannya untuk belajar ceramah, karena menurutnya dakwah merupakan kewajiban setiap muslim.

“Jika belum lancar, banyak belajar minimal di masjid di kampong masing-masing. Karena kita pegawai Kemenag yang dikira masyarakat bisa berceramah semua. Tapi untuk masjid kita ini tolong dicarikan khatib, imam dan penceramah yang professional yang bacaannya baik karena masjid kita ini banyak tamu dari kantor lain yang beribadah disini,” ujar Kakanwil.

Kepada pengurus masjid Al Khaif, Kakanwil berharap agar dapat mengisi masjid dengan kegiatan-kegiatan syiar selama Ramadhan seperti kultum, takjilan, tarawih, ceramah, tadarus, tahsin, dan lain-lain.

“Jaga kebersihan dan kerapian masjid kita, jika AC-nya kurang dingin tambah lagi, sediakan air wudhu yang bersih, jangan sampai kurang karena kita banyak kedatangan tamu,” ujarnya lagi.

“Kepada petugas baik itu khatib, imam dan penceramah agar diberikan insentif sesuai dengan kemampuan keuangan masjid. Oleh karena itu saya mengajak jadilah donatur untuk masjid dimana pun berada. Jadilah donatur untuk listrik masjid, atau lainnya karena manfaatnya sangat banyak. Jangan takut jadi miskin karena kita rajin bersedekah di masjid, justru rezeki kita semakin bertambah-tambah,” ucapnya.

Tentang operasional kantor, Kakanwil meminta agar jajarannya tetap menjaga semangat dalam bekerja. (fhy/r)

(Visited 5 times, 1 visits today)