Lokalisasi Sintai Tutup 3 Hari

SUASANA lokasi Panti Rehabilitasi Teluk Pandan Tampak Sepi menyusul penutupan kegiatan selama 3 hari.Foto: Dedy/Haluan Kepri

BATUAJI (HK) – Lokalisasi Teluk Pandan, Sintai yang berada di Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, tutup selama 3 hari 3 malam untuk menyambut bulan puasa.

Pantauan di lapangan, di pintu masuk terlihat ada pemberitahuan panti rehabilitasi ditutup selama 3 hari.

Kemudian saat ditelusuri masuk ke dalam Sintai memang tampak sepi seolah-olah tak ada penghuninya. Bahkan bar-bar tutup pintu tanpa ada kegiatan.

“Iya mas tutup selama 3 hari dan 3 malam. Jadi ngak ada kegiatan sama sekali alias sepi,” katanya petugas sekuriti, siang kemarin.

Saat dikonfirmasi, Ketua Organisasi Bina Sosial Teluk Pandan Sintai, M Nasir Andriani alias Naceng menuturkan, untuk menyambut bulan puasa itu merupakan kegiatan rutin dari warga teluk pandan setiap tahunnya. 

Ini bertujuan agar segenap warga Sintai bisa membersihkan hati dan pikiran sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan hati yang bersih.

“Menyambut bulan puasa ini juga kita adakan taraweh dan tadarus bersama. Ini juga dilakukan untuk membersihkan hati dan pikiran sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan hati yang bersih dan sejuk,” ujar Nasir yang juga Ketua perangkat setempat.

Saat ini, lokalisasi Teluk Pandan Sintai yang masih buka ada puluhan bar. Sedangkan jumlah pekerjanya ada sebanyak 200 orang. Katanya lagi, jumlah tersebut menurun drastis dari tahun-tahun sebelumnya yang bisa mempekerjakan hingga 1.000 orang. Berkurangnya pekerja di lokalisasi itu karena banyak bar yang tutup karena sepi pengunjung.

“Dulu diatas 30 bar yang aktif. Sekarang sisa 20 an bar. Jadi berpangaruh juga pada jumlah pekerja di sini. Dulu bisa sampai 1.000 orang sekarang tinggal 200 saja,” ujar Nasir kembali.

Sambungnya, untuk mengenai jadwal operasional selama puasa pihaknya pun telah mendapat surat edaran dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Jadi, lokalisasi itu ditutup tiga hari pada hari pertama puasa, dan tiga hari pertengahan puasa dan tiga hari penutupan puasa. Dan aturan dari Pemko ini tentu akan kami terapkan,” papar dia.(ded)

(Visited 21 times, 1 visits today)