Pangdam Berangkatkan 500 Prajurit ke Maluku

(istimewa)

(istimewa)

BATAM (HK) – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI M.S. Fadhilah berangkatkan 500 prajurit Satuan Tugas (Satgas) Yonif Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS) untuk melaksanakan tugas operasi di daerah rawan Maluku, Senin (6/5), di pelabuhan Batuampar.

Para prajurit diberangkatkan menggunakan kapal KRI Teluk Bintuni dengan nomor lambung 520 yang dipimpin oleh Danyon Letkol Inf H. Lubis. Keberangkatan para prajurit dilepas haru oleh keluarga masing-masing. Mereka ditugaskan selama 9 bulan kedepan.

Pangdam BB dalam amanatnya mengatakan, penugasan prajurit ke daerah operasi merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan.

“Ini bukti nyata bahwa TNI sebagai komponen inti dalam pertahanan negara senantiasa diberikan tanggung jawab oleh negara sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

“Untuk itu, para prajurit diharapkan mampu menunjukan prestasi gemilang disertai penampilan sikap dan prilaku positif sehingga kehadirannya diterima dimanapun berada,” ucapnya lagi.

“Saya mendegar pembekalan yang dilakukan untuk kalian dan persiapannya dinilai sangat baik oleh SOP Mabes TNI. Untuk itu saya bangga dan ikut senang,” ujar Pangdam BB.

“Saya mengharapkan kehadiran kalian di daerah penugasan dapat memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan suasana kondusif. Penciptaan kondusif keamanan sangat diperlukan sehingga segala permasalahan yang berpotensi menjadi konflik dapat dihindari sedini mungkin,” bebernya.

Dijelaskan Fadhilah, saat ini di Maluku masih ada beberapa daerah yang dinilai rawan. Masih ada sekelompok masyarakat yang masih dipengaruhi oleh oknum-oknum tertentu untuk mengganggu tegak dan utuhnya NKRI.

“Tapi, mereka itu pada dasarnya warga negara Indonesia juga yang saat ini mungkin perlu diingatkan agar tidak lupa diri,” tambahnya.

“Kalian harus benar-benar memahami kultur masyarakat di sana, hormati dan hargai adat istiadat maupun kearifal lokal sehingga terjalin hubungan yang harmonis tanpa melupakan kewaspadaan dan kesiap-siagaan,” tutur Pangdam BB lagi.

Dalam upacara pemberangkatan prajurit itu juga dihadiri FKPD Prov Kepri, Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahcmad, FKPD Kota Batam, Kasrem 033/Wira Pratama, Para Asisten Kodam I/BB, Ketua Persit KCK Rem 033 PD I, Para Kasi Korem 033/WP, dan tamu undagan lainnya. (cw64)