Anggota DPRD yang Baru Dilantik 1 September

Taufik, Sekretaris DPRD Anambas, (yudi/haluankepri.com)

Taufik, Sekretaris DPRD Anambas, (yudi/haluankepri.com)

ANAMBAS (HK) – Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Kabupaten Kepulauan Anambas Periode 2019-2024 akan dilaksanakan pada 1 September 2019 mendatang.

“Pelantikan anggota DPRD yang baru tinggal sekitar tiga bulan lagi,” kata Taufik, Sekretaris DPRD Anambas, Senin (6/5).

Ia mengungkapkan, hingga kini masih belum diketahui siapa 20 nama yang akan mengisi kursi DPRD Anambas. Hal ini disebabkan belum ada tembusan nama-nama tersebut dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sampai saat ini KPU masih belum menyampaikan tembusan nama-nama yang duduk di DPRD periode nanti,” ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan, penetapan KPU direncanakan pada 22 Mei 2019. Setelah itu baru partai politik (parpol) mengirim nama calon kepada Sekretariat DPRD.

“Setelah parpol mengirim nama-nama yang telah ditetapkan KPUD, maka oleh DPRD melalui Bupati akan menyurati Provinsi agar Gubernur mengeluarkan SK Penetapan Calon terpilih,” urainya.

Namun, ada catatan penting bagi calon anggota DPRD terpilih yakni harus menyerahkan bukti bahwa telah melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelanggara Negara (LHKPN) kepada KPK. Apabila bukti tersebut tidak ada, maka namanya tidak akan diusulkan ke Gubernur untuk dikeluarkan SK.

“Apabila tidak ada bukti yang dikeluarkan oleh KPK, maka namanya tidak akan diusulkan ke Gubernur,”jelasnya.

Disinggung wafatnya Muhamad Dai, anggota DPRD yang masih menjabat, apakah dapat diganti atau tidak, ia mengungkapkan, posisi Muhamad Dai tidak dapat digantikan karena waktunya tidak sampai 6 bulan.

“Posisi almarhum tidak dapat diganti karena waktu pelantikan anggota DPRD periode yang baru sekitar 3 bulan lagi. Dan itu memang sudah ketentuannya,” pungkasnya. (yud)

(Visited 42 times, 1 visits today)