Kapal TKI Tenggelam, 3 Selamat, 7 Hilang

Korban selamat dibawa ke RSUD Busung untuk mendapatkan pertolongan, Selasa (7/5). (istimewa)

Korban selamat dibawa ke RSUD Busung untuk mendapatkan pertolongan, Selasa (7/5). (istimewa)

BINTAN (HK) – Kapal pengangkut TKI dari Malaysia tujuan Nongsa Batam, tenggelam Minggu (5/5) malam kemarin. Kapal tersebut tenggelam dekat perairan Teluk Mata Ikan dekat Batam.

Ada 10 orang yang menjadi korban, 8 diantaranya merupakan TKI sedangkan 2 orang merupakan tekong kapal.

Selama dua hari, para korban terdampar di permukaan laut. Beruntung 3 orang korban berhasil diselamatkan setelah terbawa arus hingga terdampar dekat kawasan wisata Lagoi.

Ketiganya ditemukan secara terpisah pada Selasa (7/5) pagi. Zul Hakimi ditemukan seorang nelayan, Aboh dekat depan perairan Nirwana Garden’s Lagoi.

Sementara dua rekannya yakni Fahmi dan Nasrulin ditemukan oleh Yono seorang nelayan yang menemukan dekat perairan depan Bayantree Lagoi.

“Kami temukan dalam keadaan lemas,” kata Yono.

Sementara 7 orang korban lainnya masih dikabarkan hilang di lautan. Jajaran Polair Polres Bintan dikerahkan untuk melakukan pencarian korban yang diperkirakan masih mengapung dipermukaan laut.

Belum diketahui pasti, penyebab pasti kejadian tersebut. Namun kabarnya, kapal yang mengangkut TKI melalui jalur ilegal terbakar sehingga para penumpang kapal menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut.

Namun, kondisi cuaca tak menentu menyeret tubuh para korban sehingga tiga korban ditemukan dalam kondisi selamat dipinggiran laut kawasan wisata Lagoi.

Dari cerita yang dikisahkan para korban selamat, mereka bertiga bisa bertahan hidup lantaran memakai mayat sebagai pelampung selama dilaut. Ceritanya, ada dua jasad wanita dan seorang jasad anak perempuan yang menyelamatkan ketiganya dari maut.

Namun, setelah mendekati wilayah Bintan jasad-jasad itu dihanyutkan lagi kelaut dan kini belum diketahui pasti keberadaan ketiga jasad manusia yang dikabarkan mengapung dipermukaan laut itu.

Ketiga korban selamat kini dibawa ke Mapolsek Bintan Utara untuk dimintai keterangan lebih lanjut mengenai ihwal kejadian pada malam Senin kemarin.

Kapolsek Bintan Utara, Kompol Arbaridi Jumhur membenarkan kalau ada tiga korban selamat yang kini berada di Polsek setelah mendapatkan perawatan medis. “Masih dimintai keterangan,” kata Jumhur. (oxy)

(Visited 7 times, 1 visits today)