PDAM Jadi Perum Bumi Berazam Jaya

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan draft Ranperda Perum Bumi Berazam Jaya kepada Ketua DPRD Yusuf Sirat. ILHAM

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan draft Ranperda Perum Bumi Berazam Jaya kepada Ketua DPRD Yusuf Sirat. ILHAM

KARIMUN (HK)-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jaya Karimun yang sebelumnya berbentuk perusahaan daerah akan diganti menjadi Perusahaan Umum Bumi Berazam Jaya yang berbentuk perseroan terbatas. Perubahan bentuk itu diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perusahaan Umum Bumi Berazam Jaya. Draf demi draf Ranperda Perusahaan Umum Bumi Berazam Jaya tersebut disampaikan Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam rapat paripurna di Ruang Rapat Utama Balai Long Sri Gedung DPRD Karimun, Selasa (7/5). Rapat paripurna itu juga dihadiri Wakil Bupati Anwar Hasyim, Wakil Ketua DPRD Azmi dan anggota DPRD Karimun. Bupati Karimun Aunur Rafiq, saat penyampaian draft Ranperda Perusahaan Umum Bumi Berazam Jaya mengatakan, untuk memajukan perekonomian dan sumber pendatapan asli daerah, maka pemerintah daerah dalam hal ini, Pemkab bersama DPRD Karimun mesti harus terus menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki.

“Dalam menggali potensi ekonomi, pemerintah Kabupaten Karimun diantaranya membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan tujuan agar dapat mengelola usaha-usaha yang bersifat strategis dan pelayanan publik maupun komersil agar pengelolaannya membawa manfaat bagi masyarakat luas dan hasil pengelolaan tersebut dapat mendorong pertumbuhan perekonomian daerah, meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat, dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah,” ungkap Aunur Rafiq.

Ia mengatakan, pembentukan rancangan peraturan daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Bumi Berazam Jaya didasarkan pada landasan filosofis, sosiologis dan yuridis dengan tetap mempertimbangkan pandangan hidup, kesadaran dan cita hukum yang meliputi suasana kebatinan serta falsafah bangsa Indonesia yang bersumber dari pancasila dan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah menambahkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah no 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sudah diatur, semua BUMD yang ada di daerah harus berbentuk perseroan terbatas (PT) dan bukan dalam bentuk perusahaan daerah lagi. Perubahan nama dan bentuk itu dialami PDAM Tirta Karimun menjadi Perum Bumi Berazam Jaya.

“Berdasarkan PP no 54 tahun 2017 tentang BUMD itu, maka seluruh BUMD harus berbentuk perseroan terbatas. Ini kita berlakukan untuk PDAM Tirta Karimun. Ke depan namanya akan diubah menjadi Perusahaan Umum Daerah Bumi Berazam Jaya. Ini hanya perubahan nama saja,” ungkap Firmansyah. (ham)

(Visited 6 times, 1 visits today)