KUA Kecamatan Karimun Masuk dalam Penilaian KUA Teladan

Rombongan Kanwil Kemenag Kepri saat melakukan kunjungan ke KUA Kecamatan Karimun, Kamis (9/5/2019). (ist)

Rombongan Kanwil Kemenag Kepri saat melakukan kunjungan ke KUA Kecamatan Karimun, Kamis (9/5/2019). (ist)

Karimun (HK) – Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kepri, H.Abu Sofyan dan Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, H.Edi Batara beserta rombongan melakukan monitoring penilaian Kantor Urusan Agama (KUA) teladan di Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun jalan Pramuka nomor 56 Tanjung Balai Kota, Kamis (9/5/19).

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Karimun, Mukhlis.

Dalam kunjungan itu, Abu Sufyan mengatakan, performance KUA sangat penting, sebab, KUA merupakan ujung tombak dalam pelayanan agama dan keagamaan pada masyarakat.

“Kebersihan diharapkan selalu terjaga dan ruang kantor meski ditata dengan rapi agar pelayanan kepada masyarakat lebih nyaman,” pinta Abu.

Senada, Kabid Bimas Islam Edi Batara juga mengatakan hal yang sama. Dikatakannya, selain performance, KUA juga harus bisa menerapkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No 34 tahun 2016 tentang tata organisasi, tugas, dan fungsi KUA Kecamatan.

“Perlu inovasi pelayanan yang prima, mudah, lebih efektif, dan efisien dalam pelayanan kepada masyarakat,” ucap Edi yang juga mantan Kepala Kemenag Kabupaten Lingga.

Sedangkan Kepala Seksi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA Kanwil Kemenag Kepri, H.Mustafa, menerangkan, beberapa hal yang perlu ditegaskan dalam pelaksanaan seleksi KUA teladan tahun 2019, yakni, mengutamakan pelayanan aplikasi berbasis IT, seperti SIMKAH Web, Aplikasi Kepenghuluan dan beberapa aplikasi yang baru.

“Untuk itu, perlu kerjasama dengan pihak-pihak terkait dan segera membentuk tim,” harap Mustafa.

“Selain itu, inovasi merupakan penilaian yang terpenting, namun tidak boleh keluar dari apa yang sudah dijelaskan dalam PMA nomor 34 tahun 2016,” terang Mustafa.

“Salah satu dari 10 layanan pada KUA harus ada bentuk bukti fisik seperti rekaman video selama 3 menit dan juga menyiapkan video layanan atau profil KUA selama 6 menit,” tambah Mustafa.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Karimun, H. Riadul Afkar mengucapkan terima kasih kepada tim Kanwil Kemenag Kepri yang telah meluangkan waktunya untuk membina dan memberi petunjuk tentang teknis-teknis penilaian KUA teladan.

“Saya berharap Kepala KUA Karimun banyak belajar dan jangan sungkan untuk bertanya tentang teknis penilaian KUA teladan ini,” kata Riadul.

“Semoga KUA Kecamatan Karimun mampu bersaing sampai ke tingkat Provinsi Kepri dengan hasil maksimal,” harap Riadul.

Hal itu langsung ditanggpi oleh Kepala KUA Karimun, Mukhlis. Dia mengucapkan terima kasih karena telah memilih KUA kecamatan Karimun dalam pemilihan KUA teladan tingkat Kepri.

“Insya Allah apa yang disampaikan, akan kami laksanakan sesuai dengan kemampuan. Mohon dukungan dan doanya agar KUA Kecamatan Karimun terpilih sampai ke tingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional,” harap Mukhlis. (fhy/r)

(Visited 34 times, 1 visits today)