Lebih 15 Kg, Barang Calon Penumpang Kapal Dikenakan Biaya

Calon penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang akan dikenakan biaya bagasi yang melebihi 15 kg.

Calon penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang akan dikenakan biaya bagasi yang melebihi 15 kg.

SEKUPANG (HK) — Setelah maskapai penerbangan, kini pihak Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) akan menerapkan biaya tambahan bagi calon penumpang yang membawa barang lebih dari 15 kilogram.

Kepada awak media, Jumat (10/5), Humas PT Lestari Indoma Bahari, Asmadi mengakui, memang pihak Pelabuhan Domestik Sekupang belum menerapkan sistem bagasi berbayar tersebut, baik di pengelola maupun di pelayaran secara resmi.

“Jadi, setelah porter bawa barang calon penumpang dari pelabuhan ke ponton, lalu diangkat ke bagasi kapal apalagi melebihi batas 15 kg, akan dikenakan biaya tambahan ke pemilik Rp 20 ribu (tanpa bandrol) per barang,” kata Asmadi.

Lanjutnya, sejauh ini tak ada masalah dan komplain dari penumpang. Sebab, pihaknya meminta tambahan tanpa ada bandrol. Kemudian, terkait brosur bagasi berbayar untuk tarif kapal Dumai Line dan Batam Jet, yang viral ke sejumlah group whatsApp diakui oleh Asmadi. Bahkan, informasi tersebut diberlakukan di Pelabuhan Dumai.

“Jadi, sudah diterapkan bagasi berbayar di sana (Pelabuhan Dumai) bekerja sama dengan pemda,” tuturnya.

Dalam brosur itu dituliskan, yang pertama, tarif bagasi kapal Dumai Line dan Batam Jet berlaku 10 Mei 2019 dengan pedoman Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran.

Kedua, peraturan Menteri No 20 Tahun 2015 tentang standar keselamatan dan yang terakhir peraturan Menteri No 37 Tahun 2015 tentang standar pelayanan penumpang angkutan laut.

Sementara, Suherman, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelabuhan Domestik Sekupang mengaku, belum ada penerapan bagasi berbayar di Pelabuhan Domestik Sekupang ini.

“Sejauh ini belum ada kebijakan itu. Namun kita tunggu saja kabar dari pimpinan selanjutnya,” katanya. (ded)

(Visited 17 times, 1 visits today)