80 Pembina UKS Ikut Bimtek

KARIMUN (HK)- Sebanyak 80 orang pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat SD dan SMP se Kabupaten Karimun mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di ruang pertemuan Hotel Alishan, Jumat (17/5). Rinciannya, sebanyak 30 orang pembina UKS tingkat SD dan 50 orang pembina UKS tingkat SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim saat membuka bimtek tersebut mengatakan, bimtek ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi guru pembina UKS, agar bisa memberikan pendidikan kesehatan dalam rangka menanamkan kebiasaan hidup sehat sehari-hari pada murid.

“Kebiasaan pola hidup sehat sudah dimulai sejak kecil atau dari bangku sekolah dasar. Pola tersebut diterapkan dalam bentuk Usaha Kesehatan Sekolah. Selama ini, pemberian pola kesehatan di UKS sudah berjalan dengan baik. Hanya saja, perlu ditingkatkan lagi,” ungkap Bakri Hasyim.

Menurut dia, dengan diberikannya pelatihan kepada pembina UKS tingkat SD dan SMP ini, maka akan menambah pengetahuan para guru sebagai pembina UKS bisa menerapkan ilmu yang didapat di sekolah masing-masing. Sebab, banyak ilmu yang diberikan pemateri dalam bimtek ini kepada mereka.

“Banyak materi yang disampaikan dalam Bimtek ini. Selain untuk memberikan pendidikan kesehatan, juga agar guru pembina UKS dapat melakukan petolongan pertama pada kecelakaan dan pengobatan di sekolah. Mereka juga dapat menerapkan apa yang mereka peroleh kepada anak didik di sekolah,” tuturnya.

Bakri menyebut, melalui kegiatan bimtek ini diharapkan para guru pembina UKS di setiap sekolah bisa mengawasi kesehatan anak murid serta mengenal kelainan kesehatan sedini mungkin. Sebab, promosi kesehatan di sekolah dapat menjangkau dua jenis populasi yaitu, populasi anak sekolah dan masyarakat umum atau keluarga. (ham)

(Visited 2 times, 1 visits today)