KM Oceana Dragon 6 Kandas di Tengah Laut

KAPAL Motor Oceana Dragon 6, kandas di perairan Pulau Ngenang.Foto:IST

Batam(HK) – Sebuah Kapal Motor Oceana Dragon 6, kandas di perairan Pulau Ngenang. Insiden tersebut dibenarkan Kepala Syabandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Komarudin, Jumat (17/5/2019).

Komarudin menjelaskan, kejadian berawal saat kapal keberangkatan Batam Via Tanjung Pinang tersebut hendak melintasi perairan Pulau Ngenang persisnya di Air Raja.

“Dimana saat itu, dari pengakuan Kapten Hasbulah, ia menghindari sebuah pompong milik nelayan yang melintas tepat di depan kapal yang di nahkodainya itu,” jelas Komarudin

“Akibat mengelak dari pompong nelayan itu, KM Oceana Dragon 6 yang membawa 41 penumpang dan 8 Crew ini pun kandas menabrak pasir,” tambahnya.

Sementara, seluruh penumpang dan crew kapal dinyatakan selamat atas bantuan KM Oceana Dragon 9 yang kebetulan melintas tepat di sekitaran lokasi kejadian.

“Pada saat kejadian, KM Oceana Dargon 9 kebetulan melintas di sekitar lokasi kejadian dan penumpang KM Oceana Dragon 6 pun langsung di evakuasi ke kapal tersebut dan langsung dibawa kepelabuhan Domistik Telaga Punggur,” jelas Komarudin.

Dikatakan, insiden tersebut diketahui Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 18.22 wib yang diperkirakan sekitar tiga kilometer jarak lokasi dari pelabuhan Domistik Telaga Punggur hanya memakan waktu 10 menit.

“Kalau kejadian tersebut, dari lokasi diperkirakan kurang lebih sekitar 3 km, dari pelabuhan domestik telaga punggur, kejadian tersebut tepat pada pukul 18.22 wib,” jelas Komarudin.

Atas kejadian tersebut, Komarudin sangat menyayangkan hal itu akibat kurang tegasnya sosialisasi ke masyarakat pesisir tentang peraturan pelayaran dilaut hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Insiden ini berpotensi nyaris mengilangkan nyawa puluhan penumpang, sebagaimana masyarakat kurang mengerti tentang rambu rambu di laut dan berlayar sesuka hati,” kata Komarudin.(Cw63)

(Visited 7 times, 1 visits today)