PD Punggur Terapkan Pass Masuk Elektronik

Koordinator Administrasi dan Pengendalian di Terminal PD Punggur, Sohirnadi. (noviwandra/haluankepri.com)

Koordinator Administrasi dan Pengendalian di Terminal PD Punggur, Sohirnadi. (noviwandra/haluankepri.com)

BATAM (HK) – Pelabuhan Domestik Punggur, kini sudah menerapkan sistem parkir elektronik untuk kendaraan roda dua dan roda empat, sejak awal Mei 2019. Selain untuk menertibkan sistim pengawasan di pelabuhan, hal ini juga meningkatkan pendapatan bukan pajak ke daerah yang sedang di kelola Badan Pengawasan (BP) Batam.

Koordinator Administrasi dan Pengendalian di Terminal PD Punggur, Sohirnadi mengatakan, saat ini Pengelola Pelabuhan BP Batam sudah memberlakukan sistem parkir elektronik atas kelengkapan sarana kawasan pelabuhan.

“Sebetulnya, sistim parkiran elektronik adalah sebuah perubahan dan perpindahan dari yang sistim manual ke sistim elektronik. Sehingga, pengelola lebih mudah dan efisien melakukan pengawasan, terhadap kendaraan yang keluar masuk ke pelabuhan,” sebut Sohirnadi, Jumat (17/5/2019).

Dengan begitu, ujarnya, semua kendaraan yang telah keluar masuk terdata dengan baik.

“Artinya tak ada lagi kendaraan bermotor maupun mobil yang tidak terdaftar ketika dia keluar masuk pelabuhan ini. Sebab, semuanya telah terdeteksi melalui pintu parkir elektronik. Sehingga menjadi sebuah sistim pengawasan bagi kami, pengelola pelabuhan,” ungkapnya.

Diterangkan Sohirnadi, pada sistim parkir elektronik ini pihaknya menyebut pass masuk pelabuhan terhadap kendaraan beroda dua dan roda empat.

“Untuk kendaraan bermotor roda dua, berlaku Rp 1000 untuk sekali masuk. Sementara untuk kendaraan roda empat, Rp 2000 untuk sekali masuk. Dan ini tidak berlaku kelipatan,” sebut Sohirnadi.

Sedangkan untuk waktunya, ucap Sohirnadi, pass masuk tersebut berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, bagi setiap mobil dan motor yang masuk ke PD Punggur. Namun bagi kendaraan yang masuk melewati tanggal sebelumnya, dikenakan biaya inap.

“Terkecuali untuk mereka yang menginap atau melewati tanggal masuk ke pelabuhan. Maka terhitung sejak pukul 24.00 WIB hingga besok nya, dikenakan biaya parkir nginap Rp30 ribu per mobil serta Rp15 ribu per sepeda motor,” ungkapnya.

“Penumpang dan pengendara juga bisa masuk melalui gerbang utama dipelabuhan domestik Punggur, dengan akses dari depan. Sehingga, tidak dikenakan biaya pass masuk kendaraan,” pungkasnya. (vnr)

(Visited 6 times, 1 visits today)