Polres Karimun Turunkan 453 Personel Amankan KPU dan Bawaslu

KAPOLRES dan Dandim Karimun meninjau gudang KPU saat melaksanakan patroli pengamanan jelang pengumunan KPU. Foto: ILHAM

KARIMUN (HK)-Polres Karimun menerjunkan 453 personil dan dibantu jajaran TNI melaksanakan aksi pengamanan kantor KPU, gudang logistik KPU dan kantor Bawaslu.

Pengamanan itu diawali dengan patroli tiga dimensi yang melibatkan TNI-Polri skala besar terhadap objek vital milik pemerintah, Selasa (21/5).

  Instruksi patroli tiga dimensi itu diperoleh ketika dilakukannya teleconference antara Kapolres Karimun bersama dengan Kapolda Kepri dan Kapolri yang diikuti seluruh pimpinan polisi di Indonesia. Patroli tiga dimensi itu mulai dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

  “Tadi kami melakukan video conference dengan Bapak Kapolri dan Kapolda. Kami menyampaikan akan menyiagakan 453 personil dan dibantu dengan TNI. Intinya kita melakukan pengamanan terhadap kantor KPU, gudang KPU dan gudang Bawaslu,” ungkap Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya di Mapolres Karimun.

  Kata Hengky, kondisi Karimun pada saat menjelang pengumuman resmi dari KPU dalam keadaan aman. Pihaknya, tidak menerima laporan adanya mobilisasi massa ataupun pemberitahuan unjuk rasa. Pihaknya hanya menerima informasi adanya kegiatan-kegiatan sosial keagamaan bukan suci Ramadhan.  

  Hengky menyebut, selain patroli tiga dimensi, pihaknya juga melakukan patroli gang sempit yang dilakukan oleh masing masing Bhabinkamtibmas di setiap Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Karimun. Patroli ini memberikan penyuluhan kepada masyarakat dengan cara door to door.

  “Patroli gang sempit ini dimulai sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB dengan sasaran memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang sifatnya door to door. Kemudian, kegiatan sambang kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama. Selanjutnya, patroli rayonisasi polsek yang dimulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB dinihari,” tuturnya.

  Dijelaskan, kegiatan rayonisasi 8 polsek ini dibagi menjadi 3 rayon. Rayon pertama, polsek di Pulau Karimun. Kemudian, polsek yang ada di pulau terdekat dari Pulau Karimun masuk rayon dua dan polsek lainnya yang masuk rayon tiga. Sasaran patroli ini mengantisipasi curat, curas dan curanmor.

  “Selama satu hari atau 24 jam, kami melaksanakan patroli tiga dimensi. Tujuannya, agar bisa menyentuh ke masyarakat. Ini merupakan terobosan kreatif yang baru dan sudah kita paparkan di Polda Kepri. Polda menyambut positif gagasan ini dan mudah-mudahan diadopsi oleh polres-polres yang lain,” tuturnya.(ham)