THR PNS Segera Cair

Aunur Rafiq

Aunur Rafiq

KARIMUN (HK)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun berjanji akan membayarkan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) sebelum memasuki libur lebaran 1440 Hijriyah. THR bagi pegawai itu akan diambilkan melalui dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat.

“Yang jelas THR akan dibagikan sebelum libur lebaran. Teknisnya nanti bisa ditanyakan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (BPKAD) Kabupaten Karimun. Besaran THR bagi pegawai itu sesuai gaji pokok masing-masing ASN,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq belum lama ini.

Kata Rafiq, aturan terkait pembayaran THR maupun gaji ke-13 bagi ASN itu diatur berdasarkan Peraturan Kementerian Keuangan. Sementara, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani telah mengucurkan anggaran sebesar Rp10 triliun untuk pembayaran THR bagi ASN. Rencananya, THR itu mulai dibayarkan pada Sabtu (25/5).

Berbeda dengan ASN, pada tahun ini Pemkab Karimun tidak mengalokasikan anggaran THR bagi tenaga honorer. Mereka hanya akan menerima gaji bulanan seperti biasa.

“Kalau honorer memang gajinya saja. Gaji mereka yang seperti biasa. Tapi pembayarannya akan dipercepat. Saat ini, sedang dalam proses. Pak Sekda (Karimun) kan baru pulang dari pusat. Nanti, teknisnya akan diatur. Nanti akan dikonfirmasi lagi pada tanggal 24 atau 25 Mei,” jelas Rafiq.

Aunur Rafiq meyakinkan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Karimun untuk tidak khawatir terkait pembayaran THR. Anggaran THR sudah disediakan. Hanya menunggu proses pencairan dan mekanismenya berada di BKAD Karimun. Dia meminta kepada para ASN untuk bersabar menunggu proses pencairan. (ham)