Pelabuhan Pelni Rencananya Dikembalikan ke Sekupang

(noviwandrra/haluankepri.com)

(noviwandrra/haluankepri.com)

BATAM (HK) – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, mempertimbangkan mengembalikan pelabuhan penumpang PT Pelni ke Sekupang.

Pasalnya, Menhub menilai keberadaan hingga fasilitas Pelabuhan Pelni di Batuampar tidak memadai bahkan ikut tergabung dengan pelabuhan kargo, yang dipenuhi oleh kontainer dan alat berat. Hal itu berdampak pada kenyamanan penumpang.

“Kita lihat fasilitas pelabuhan Pelni di Batuampar kurang maksimal. Sangat wajar calon penumpang tak nyaman,” ujar Budi Karya Sumardi, Sabtu (25/5) saat sidak ke Pelabuhan Batuampar.

Namun, untuk jangka pendek, ucap dia, pemerintah daerah diminta untuk menyiapkan fasilitas tambahan di Batuampar demi kenyamanan penumpang yang akan mudik lebaran tahun ini.

Kemudian Menhub pun juga meminta pengelola Pelabuhan Batuampar untuk memindahkan sejumlah kontainer yang berada di dekat sandaran kapal, agar tidak mengganggu.

Turut hadir mendampingi Menhub, Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, R. Agus H. Purnomo, Direktur Utama PT Pelni, Insan Purwarisa L Tobing dan Kepala BPTJ, Bambang Prihartono.

Dalam kesempatan itu Gubernur Kepri mengatakan, menyikapi kondisi itu, pemerintah daerah bersama pengelola Pelabuhan Batuampar akan menambah fasilitas untuk penumpang Pelni.

“Kita minta pengelola Pelabuhan Batuampar meningkatkan fasilitas pelayanan seperti yang disampaikan Menhub,” ucap Nurdin Basirun.

Nurdin pun berharap, pemerintah pusat dalam hal ini Menhub dapat membantu membangun terminal yang refresentatif di Pelabuhan Pelni Batuampar, sehingga saat mudik lebaran dan tahun baru akan lebih nyaman.

“Hal yang sama juga dirasakan di Karimun yang juga perlu mendapat perhatian. Disana itu penumpang masih pakai perahu diangkut menuju lokasi kapal Pelni. Ini mungkin bagian dari PR kita untuk kedepannya. Dan saya yakin, Pak Menteri bisa juga melihat langsung ke Karimun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady mengungkapkan, pihaknya akan meningkatan fasilitas dan juga pelayanan di Pelabuhan Batuampar.

“Ya, kita akan laksanakan apa yang diharapkan Pak Menteri, Pak Gubernur dan masyarakat,” ucap Edy Putra Irawady. (vnr)