Calon Penumpang Kapal Roro Mulai Ramai

Calon penumpang kapal Roro di Pelabuhan ASDP Punggur. Boby

Calon penumpang kapal Roro di Pelabuhan ASDP Punggur. Boby

Punggur (HK) – Calon penumpang menggunakan kapal Roro (roll on roll off) di Pelabuhan Telaga Punggur, mulai ramai. Ratusan penumpang yang menyeberang ke Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Provinsi Riau tampak memadati pelabuhan yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Senin (27/5/2019).

Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam, Muhammad Firdaus menjelaskan, angkutan penyeberangan dalam rangka lebaran tahun ini terpantau cukup padat. Katanya, Batam tujuan Tanjung Uban,  Karimun, Kuala Tungkal (Jambi), dan Dabo Singkep diprediksi naik sekitar lima persen.

“Sementara untuk penyeberangan Batam – Tanjung Buton bisa naik 100 persen, relatif meningkat ke sana. Hal ini bisa jadi karena tujuan ke sana banyak, langsung ke Pulau Sumatera. Jadi banyak warga yang mudik,” kata Firdaus.

Bahkan, kata dia,  pengumuman pendaftaran angkutan penyeberangan kendaraan pada 20-21 Mei 2019 lalu, sehari setelahnya ludes terjual.

“Bahkan ada yang tak kebagian, jadi penyeberangan ini kan dimulai mulai 24 Mei sampai 1 Juni 2019 nanti. Ada 14 kapal yang melayani, perkiraan satu kapal adalah 35 kendaraan roda empat ke atas, jika 14 dikali 35 adalah 490 kendaraan, itulah yang berangkat,” jelas Firdaus.

Dikatakan, seperti tahun lalu, puncak arus mudik lebaran padat  di apelabuhan Punggur umumnya H-3 dan H-4.  Sementara arus balik H+3.

Pantauan haluankepri.com, sejumlah polisi dan polwan sudah mulai disiagakan. Selain itu, pintu masuk ke kapal sudah dibagi dua. Dimana, semula hanya satu, bersamaan penumpang dan kendaraan.

Namun, pihak ASDP sudah membangun pintu masuk khusus penumpang perorangan. Sehingga terpisah dengan pintu masuk kendaraan.

Terlihat, ratusan calon penumpang mulai berdesak-desakan di loket tiket.

“Masih menunggu tiket bang, belum dapat lagi tiketnya. Nanti antrean dulu,” ucap Doni, calon penumpang Batam-Buton. (cw63)