Dishub Ajukan Kapal Roro Layari Karimun-Buton

Satu unit truk saat masuk ke KMP Senangin. ILHAM

Satu unit truk saat masuk ke KMP Senangin. ILHAM

KARIMUN (HK)-Untuk melayani arus mudik Idul Fitri 1440 H menggunakan kapal Roll On Roll Out (Roro), Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun mengajukan rute pelayaran KMP Senangin kepada Angkutan Sungai Danau Perairan (ASDP) hanya melayani rute Karimun-Buton.

Kepala Bidang Angkutan Pelayaran Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Daud Safrial Octorio ketika dikonfirmasi mengatakan, selama ini KMP Senangin selain melayani rute Karimun-Buton juga melayani Karimun-Batam. Sehingga, penumpang yang akan berangkat ke Buton, Riau lebih didominasi oleh penumpang asal Batam.

“Untuk penambahan jadwal pelayaran KMP Senangin saya rasa tidak ada. Hanya saja, kami mengajukan rute pelayaran KMP Senangin cuma dari Karimun ke Buton kepada ASDP. Kebijakan itu kami minta mulai diberlakukan sejak tanggal 28 Mei mendatang,” ungkap Daud Safrial Octorio, Senin (27/5) sore.

Kata Daud, menjelang Idul Fitri ini jumlah pemudik yang menggunakan kapal Roro akan meningkat tajam. Bukan hanya penumpang saja, pemudik juga banyak yang membawa mobil pribadi untuk pulang kampung. Selain itu, pembatasan rute KMP Senangin Karimun-Buton itu juga bertujuan untuk memaksimalkan mobil muatan sembako dari Sumatera ke Karimun.

“Jumlah penumpang yang akan berangkat mudik menggunakan kapal Roro sangat tinggi. Begitu juga akses mobil dengan muatan sembako juga terjadi peningkatan, karena kebutuhan meningkat menjelang lebaran. Sementara, kalau juga melayani rute ke Batam, sedangkan sekarang hanya tinggal 2 trip saja seminggu maka tak mampu melayani kebutuhan masyarakat Karimun,” ujarnya.

Daud menyebut, KMP Senangin dipastikan mulai beroperasi pada 28 Mei 2019 nanti, setelah sempat naik dock selama 20 hari lalu. Saat ini, KMP Senangin sudah turun dock, namun baru bisa beroperasi pada 28 Mei. Selama KMP Senangin docking, maka tugasnya digantikan oleh KMP Lome. Namun, KMP Lome hanya melayani rute pelayaran Karimun-Buton sekali seminggu.

Dijelaskan, jadwal resmi KMP Senangin yang melayani pelayaran Karimun-Buton hanya dua kali seminggu, yakni setiap Selasa dan Jumat. Begitu juga jadwal dari Buton ke Karimun berangkat satu hari setelahnya, yakni setiap Rabu dan Sabtu. Jadwal tersebut tidak ditambah untuk mudik lebaran tahun ini. (ham)