Festival Padang Melang Masuk Nominasi API 2019

Kadisparbud Anambas, Masykur

Kadisparbud Anambas, Masykur

ANAMBAS (HK)- Festival Padang Melang (FPM) masuk dalam Daftar Nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2019 kategori festival pariwisata bersama 9 daerah lain diseluruh Indonesia, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata.

FPM akan bersaing dengan sejumlah festival seperti festival Hudoq, Kabupaten Mahakam Hulu,
festival Karang Lintang Kabupaten Bangka, Festival Pasar Terapung Kabupaten Banjar, Festival Tapa Melenggang Kabupaten Batang Hari, Gebyar Pesona Budaya Kabupaten Garut, Grebeg Gethuk Kota Magelang, Malang Flower Carnival, Kota Malang, Sabang Marine Festival dan Tamohin int’I Flowers Festival Kota Tamohon.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KKA DR. Masykur, ST MM mengatakan, masuknya FPM dalam nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) menasbihkan agenda tahunan pariwisata Anambas menjadi festival dengan taraf nasional yang sejajar dengan festival daerah lain yang telah terlebih dahulu digelar.

“Kita sangat bersyukur FPM masuk nominasi API karena dapat mengangkat FPM di ajang nasional,” ujar Masykur, Senin (27/5).

Ia mengungkapkan, FPM masih belum masuk dalam agenda Festival Nasional. FPM hanya masuk agenda Provinsi Kepri.

Sejatinya, pihaknya mengikut sertakan sejumlah kegiatan pada sejumlah kategori, namun panitia memilih FPM yang masuk dalam kategori festival pariwisata.

“Banyak yang kita kirim untuk diikutsertakan, namun hanya FPM yang masuk nominasinya,” tuturnya.

Ia melanjutkan, FPM ini merupakan ikon wisata Anambas kedua yang masuk nominasi API. Sebelumnya pada 2019, Pulau Mengkian Panjang juga masuk nominasi surga yang tersembunyi pada tahun 2018.

“Saat itu Pulau Mengkian Panjang hanya meraih urutan ketiga karena kalah dalam polling SMS,” paparnya.

Untuk tahapannya, lanjut Masykur, pemungutan suara (voting) dari tanggal 1 Juni sampai dengan 1 Oktober, sedangkan pengumuman juara itu dilaksanakan pada 21 November 2019.

Untuk mendongkrak SMS FPM agar dapat menang, sambung dia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya akan menyiapkan dorprize pada FPM nanti.

“Selain itu kita juga tetap melakukan sosialisasi di media-media sosial, media eletronik, cetak dan lainnya. Ayo sama sama dukung FPM menjadi Festival Wisata terhits pada API 2019,” ajaknya. (yud)