by

Supir Angkutan dan Truck di Batam Ugal-ugalan di Jalan

Batam(HK) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, aksi ugal-ugalan oleh Supir Truck maupun Supir angkutan umum kini kian marak terjadi di jalan lintas kota Batam.

Pasalnya demi THR dan setoran, para supir pun tidak pedulikan para penumpang dan pengendara lain di jalan yang dilaluinya.

Oleh karena itu, Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Putu Bayu Pati akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam agar memberi teguran atau sanksi kepada supir-supir khususnya para supir truck.

“Karena informasi yang kita dapatkan dari beberapa supir truck yang sudah mengalami kecelakaan, mereka mengakui bahwa menjelang hari raya Idul Fitri ini, untuk mendapatkan THR atau target kerja hitungannya per trip,” Kata Putu, Jumat (24/5) malam.

“Selain itu, mereka juga mengakui bahwa hal itu dilakukan atas instruksi dari pimpinan perusahaannya untuk mendapatkan kompensasi yang lebih besar,” tambahnya.

Putu mengatakan, pihaknya juga akan berkordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam agar mereka menghimbau pihak perusahaan pemegang lisensi truck untuk tidak menerapkan instruksi tersebut.

“Jadi, melalui Disnaker Kota Batam, nantinya mereka akan menghimbau pihak perusahaan untuk tidak menerapkan instruksi sebagaimana yang diperintahkan kepada karyawannya,” jelas Putu.

“Sebagaimana kita ketahui, kapasitas pengemudi itu ada waktu dan batasnya. Jangan sampai karena mengejar THR maupun target, sehingga mengakibatkan kelalaian dan kecelakaan bagi pengendara lainnya,” tegasnya.

Selain itu, Putu juga mengakui, bahwa pihaknya sudah menggelar rapat dengan Dinas PU dan Tata ruang dan Bina Marga perihal penambalan jalan berlubang dan perbaikan jalan bergelombang.

“Selain itu, kita juga sudah koordinasikan dengan Dinas pertamanan kota Batam perihal pemeliharaan serta taman tata Kota Batam untuk penertiban pohon-pohon rindang yang membayakan bagi pengemudi sehingga meminimalisir terjadi laka di jalan raya,” jelas Putu.

“Mengingat kejadian sebelumnya, sudah pernah memakan korban, akibat pohon tumbang dan menimpah pengendara,” tambahnya.

Ia berharap kepada dinas terkait segera menertibkan pohon-pohon yang berada di pinggir jalan lalu lintas tersebut, sehingga kedepannya tidak akan ada lagi memakan korban. (Cw63)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed