Sabu Selundupan dari Malaysia Dimusnahkan

Proses pemusnahan sabu-sabu asal Malaysia. ILHAM

Proses pemusnahan sabu-sabu asal Malaysia. ILHAM

KARIMUN (HK)-Kepolisian Resort Karimun memusnahkan 235,40 gram sabu-sabu dari 251.40 gram yang dibawa tersangka Nurdan alias Jordan dari Malaysia. Sementara, sisa sabu-sabu dengan berat 16 gram lagi disisihkan untuk dibawa ke laboratorium forensik Cabang Medan untuk pemeriksaan dan barang bukti di persidangan.

Pemusnahan sabu-sabu yang dilaksanakan di halaman Mapolres Karimun itu dilakukan dengan cara direndam menggunakan air panas. Pemusanahn barang haram itu juga melibatkan institusi kejaksaan, TNI, pengadilan, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karimun, Bea Cukai, Imigrasi dan tokoh masyarakat.

“Barang bukti sabu-sabu yang kita musnahkan saat ini adalah hasil tangkapan anggota Polsek Tebing bersama Satrenarkoba di Jalan Coastal Area, Teluk Uma, Kecamatan Tebing dengan tersangka Nurdan alias Jordan. Sabu-sabu ini dibawa pelaku dari Malaysia,” ungkap Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya usai pemusnahan, Selasa (28/5).

Kronologis penangkapan pelaku bermula, ketika polisi menerima informasi terkait seseorang yang dicurigai membawa narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia yang melalui masuk melalui Kecamatan Tebing. Begitu menerima informasi, pihaknya langsung menuju lokasi boat pancung tersebut merapat.

“Begitu boat pancung tersebut bersandar, anggota langsung mendekati dan memerintahkan kepada tekong agar tetap ditempat. Begitu mendengar perintah anggota, tekong langsung melompat ke laut sambil memegang bungkusan plastik warna oranye,” ungkap Kapolres didampingi Kasat Resenarkoba AKP Rayendra Arga Prayana.

Dijelaskan, pelaku terus menyelam dan muncul di pinggir pantai kemudian berusaha kabur. Polisi yang melihat dia kabur segera mengejarnya. Terjadi perkelahian antara anggota Polsek Tebing dengan Jordan. Pelaku tetap berusaha kabur. Polisi kemudian melakukan tembakan peringatan namun tak diindahkan hingga kaki kanannya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas. Sementara, di dekat boat pancungnya, polisi melihat bungkusan plastik warna oranye muncul ke permukaan laut. Setelah diperiksa isinya ternyata narkotika jenisa sabu-sabu. Ketika diinterogasi, pelaku mengakui kalau narkotika tersebut memang miliknya yang dibawa dari Malaysia.