Limpa Membengkak, Konsumsi Mengkudu

Mengkudu (internet)

Mengkudu (internet)

Limpa merupakan organ yang berada tepat di bawah tulang rusuk kiri. Banyak sekali kondisi atau masalah kesehatan yang bisa menyebabkan limpa menjadi bengkak. Dalam bahasa kedokteran, bengkak pada limpa disebut splenomegali.

Pembengkakan limpa biasanya tidak memunculkan gejala fisik yang kentara. Seringkali kondisi ini baru diketahui saat seseorang menjalani pemeriksaan rutin ke rumah sakit.

Bila Anda mengalami pembengkakan limpa dan sedang menjalani perawatan, buah mengkudu diketahui bisa membantu mempercepat pemulihan. Lalu bagaimana cara mengolah mengkudu untuk mengatasi limpa yang bengkak?

Buah Mengkudu untuk Limpa Bengkak

Sebelum membahas cara olah mengkudu untuk limpa bengkak, ada baiknya ketahui terlebih dahulu mengapa mengkudu bagus untuk penderita limpa bengkak.

Limpa bengkak erat kaitannya dengan infeksi dan juga penyakit hati. Nah, mengkudu ternyata bermanfaat untuk membantu pemulihannya. Karena mampu mengatasi sekaligus mencegah infeksi dan memperbaiki fungsi hati.

Mengkudu bisa mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga cepat merespon saat ada serangan virus, bakteri dan parasit yang menginfeksi tubuh. Burns School of Medicine di University of Hawaii mengatakan bahwa mengkudu kaya akan kandungan senyawa polisakarida yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh lewat peningkatan aktivitas sel-sel darah putih.

Mengkudu juga diketahui bisa merangsang tubuh untuk menghasilkan nitrit oksida yang berfungsi mematikan virus, bakteri serta parasit penyebab infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan kunci untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi berbahaya yang dapat memicu atau memperburuk pembengkakan limpa.

Selain itu, mengkudu juga mampu memperbaiki fungsi hati. Buah yang satu ini bisa menghambat respons inflamasi serta menekan aktivitas enzim hati yang meningkat. Sehingga bisa mencegah kerusakan membran sel di hati.

Bahkan buah mengkudu juga mempunyai efek anti fibrosis untuk menangani dampak dari fibrosis di hati. Sehingga bisa membantu perawatan sirosis hati (jenis penyakit hati yang serius).

Karena mengkudu bisa mengatasi atau mencegah infeksi dan memperbaiki fungsi hati, maka buah ini cocok dijadikan pengobatan alternatif untuk limpa bengkak. Setelah limpa pulih, mengonsumsi mengkudu juga bisa membantu menghindarkan tubuh dari berbagai infeksi berbahaya yang memicu limpa bengkak lagi.

Jadi itulah penjelasan mengapa mengkudu bagus untuk limpa bengkak. Untuk mendapatkan manfaat dari mengkudu, berikut cara mengolahnya:

Bahan yang diperlukan:
2 buah mengkudu yang sudah matang.
Cuka secukupnya.

Cara membuat:
Bersihkan buah mengkudu dengan air mengalir.
Setelah bersih, parutlah buah mengkudu.
Masukkan cuka dan aduk hingga merata.
Kemudian peras menggunakan selembar kain kasa.

Aturan konsumsi:

Konsumsi ramuan herbal ini sampai habis.
Lakukan perawatan setiap hari hingga kondisi pulih.

(sumber: vivanews.com)

(Visited 8 times, 1 visits today)