Nahkoda Kapal dan Pilot Tes Urin

KAPTEN Kapal Pelni Sabuk Nusantara 83, Ramadhon saat menyerahkan urine untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas BNN Kota Tanjungpinang, di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Jumat (31/5).Foto : Rico Barino/Haluan Kepri

TANJUNGPINANG (HK) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang bersama instansi terkait memeriksa urine nahkoda kapal dan pilot beserta kru di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan Bandara Raja Haji Fisabillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (31/5).

Tak hanya pilot dan nakhoda kapal, petugas juga memeriksa urine para ABK dan penumpang di pelabuhan yang dianggap mencurigakan. Pemeriksaan urine dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB, BNN Kota Tanjungpinang memeriksa kurang lebih 30 orang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang baik nakhoda dan ABK kapal di terminal domestik dan internasional.

Sedangkan di Bandara RHF, BNN melakukan pemeriksaan urine kepada pilot dan pramugari serta seluruh crew maskapai dalam sejumlah penerbangan dengan target 30 orang.

Penanggungjawab kegiatan ter urine di Pelabuhan SBP, Catur Hadiyanto mengatakan, tes urine tersebut dalam rangka pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Pemeriksaan tes urine ini merupakan antisipasi faktor kelalaian manusia bisa diminimalisir. Diharapkan masyarakat mudik lebaran bisa lancar, nyaman, dan selamat sampai ke kampung halaman masing-masing. Bisa liburan dengan tenang bersama keluarga,” ungkapnya.

Jika ditemukan ada yang positif narkoba di pelabuhan maka akan direkomendasikan kepada syahbandar (KSOP) yang memiliki kewenangan terhadap pelayaran. Kemudian, yang bersangkutan diminta untuk mengikuti program BNN yakni dilakukan rehabilitasi dan ditindaklanjuti oleh pihak Satnarkoba Polres Tanjungpinang.

“Bagi yang posotif langsung kami selidiki lebih lanjut serta bila memang terbukti sebagai pengguna akan kami rehabilitasi. Kita berharap hal ini dapat menjadi salah satu jaminan keselamatan masyarakat saat arus mudik dan arus balik berlangsung,” pungkasnya.

Ramadhon, Kapten Kapal Pelni Sabuk Nusantara 83 yang juga mengikuti jalannya proses tes urine mengatakan, kegiatan tes urine kepada para ABK kapal baik dilakukan, guna mengetahui adanya ABK kapal yang positif narkoba.

“Tentu kami mendukung kegiatan ini, karena bisa diketahuinya ABK positif narkoba. Untuk kesehatan dan keselamatan dalam pelayaran,” ujarnya.(rco)

(Visited 8 times, 1 visits today)