Kapten dan ABK Kapal Jalani Tes Urine

Petugas Dokkes Polres Bintan saat melakukan cek urine terhadap Kapten dan ABK kapal cepat maupun kapal Roro di pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Sabtu (1/6) siang. (istimewa)

Petugas Dokkes Polres Bintan saat melakukan cek urine terhadap Kapten dan ABK kapal cepat maupun kapal Roro di pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Sabtu (1/6) siang. (istimewa)

BINTAN (HK) – Lebih dari 20 orang kapten hingga anak buah kapal (ABK) menjalani tes urine yang digelar jajaran Polres Bintan, Sabtu (1/6) siang di pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban.

Kasat Narkoba Polres Bintan AKP Nendra Madya Tias menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan urine kapten dan ABK yang positif mengandung narkotika.

“Hasilnya tidak ditemukan yang positif narkoba,” kata Nendra.

Pengawak kapal air yang biasa melayani rute Tanjunguban-Telaga Punggur Batam itu meliputi kapten dan ABK kapal Speedboat Auto Bintan, Speedboat Lagoi Expres, Speedboat Sea Start 2, Speedboat Bayu Indah 2, Speedboat Bintan Mulia, Speedboat Bintan Rejeki 9, Speedboat Putra Kepri.

“Termasuk kapal dan crew (ABK) kapal roro Jembatan Kapuas dan kapal roro KMP Barau,” timpalnya.

Pengecekan urine dilakukan kata Nendra, agar pada saat mengawaki kapal seluruh kapten dan ABK dalam keadaan sehat. “Sehingga bisa mengantisipasi kecelakaan laut dimasa mudik lebaran seperti sekarang ini,” tuturnya.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait terus memantau laju arus lalu lintas baik didarat maupun dilaut saat mudik lebaran.

Ada pos pelayanan dan pengamanan yang sudah siaga melayani para pemudik. “Termasuk pos bergerak yang memantau perairan-perairan diwilayah Bintan,” kata Boy.

Ada 203 personil Polres Bintan yang berjaga di pos-pos seperti persimpangan jalan strategis, pelabuhan-pelabuhan serta objek wisata yang ada di Kabupaten Bintan. (oxy)

(Visited 13 times, 1 visits today)