Syahrul Imbau Warga Lapor RT Sebelum Mudik

Walkota Tanjungpinang, H. Syahrul. (rico/haluankepri.com)

Walkota Tanjungpinang, H. Syahrul. (rico/haluankepri.com)

TANJUNGPINANG (HK) – Masyarakat Kota Tanjungpinang dianjurkan melapor ke Ketua Rukun Tetangga (RT) sebelum mudik berangkat ke kampung halamannya. Laporan itu untuk mengantisipasi kasus kejahatan, terutama pencurian, karena banyaknya warga yang mudik.

“Dengan memberitahu Ketua RT dan RW, serta kepada tetangga, kita bisa saling menjaga. Paling tidak, jika ada terjadi sesuatu yang mencurigakan di lingkungan kita, bisa langsung dilaporkan kepada pihak yang berwajib,” ungkap Walikota Tanjungpinang Syahrul, Sabtu (31/5).

Selain melapor, Syahrul juga mengingatkan masyarakat yang akan mudik memeriksa seluruh rumah dan memastikan listrik dan kompor telah dimatikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran.

“Memeriksa rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong, ini memastikan agar pintu-pintu rumah telah terkunci. Dan pastikan juga barang berharga disimpan di tempat yang aman. Harta benda yang ditinggalkan di rumah bisa diamankan. Tidak membuat sesuatu bisa menyebabkan kebakaran di rumah, kompor dimatikan, listrik dicabut,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi yang baik saat ditinggal mudik bisa membuat warga merayakan Idul fitri dengan nyaman dengan aman. Bisa berkumpul dengan keluarga, kembali juga dalam keadaan sehat tidak ada kendala.

“Memang harus seperti itu. Kalau tidak memperhatikan yang kecil-kecil nanti kita pulang, rumah kita sudah tidak ada. Atau harta kita hilang semua. Jadi kita harapkan masyarakat saling bantu-memabntu dan peduli dengan tetangga ,” pungkas. (rco)

(Visited 5 times, 1 visits today)