Ini Manfaat Jeruk Nipis Bagi Penderita Asam Urat

Jeruk Nipis. (internet)

Jeruk Nipis. (internet)

Mungkin diantara Anda pernah mengalami rasa sakit yang teramat sangat pada area kaki terutama jempol kaki disertai ruam kemerahan? Jika iya, kemungkinan besar Anda mengalami masalah penyakit asam urat.

Biasanya, penyakit ini terjadi akibat pengikisan natrium yang ada di dalam urat yang meluruh kemudian mengakibatkan peradangan pada sendi. Penyakit ini biasanya memunculkan gejala dalam waktu 3 sampai 10 hari yang memasuki puncaknya pada waktu yang ke-6 hari.

Penyebab terjadinya asam urat sendiri ialah kadar purin terlalu tinggi di dalam tubuh. Kadar tersebut bisa dihasilkan oleh zat yang menjadi limbah dari adanya akivitas pemecahan purin di dalam sendi.

Pada dasarnya pemecanannya terjadi setiap hari, namun adakalanya karena terlalu banyak akhirnya terjadi penumpukkan. Penumpukkan kristal asam urat tersebut bisa terjadi bertahun-tahun tanpa disadari dan akibatnya terjadilah penyakit asam urat.

Penyakit ini juga cukup berbahaya bagi tubuh dan tentu mengganggu aktivitas sehari-hari jika dibiarkan. Oleh sebab itu bagi Anda yang belum mengalami penyakit asam urat sebaiknya segera lakukan pencegahan.

Cara terbaik mencegah asam urat sebenarnya ialah dengan menghindari makanan penyebabnya. Namun selain itu bisa dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah jeruk nipis.

Ya, buah bulat berkulit hijau atau orange ini ternyata baik untuk mengatasi asam urat. Sebab jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi.

Kandungannya tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kinerja ginjal sehingga kadar purin bisa terbuang melalui urine. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, yaitu dengan meminum ari perasannya atau dikonsumsi secara langsung tiga kali sehari secara rutin.

Cara lainnya bisa dengan mengonsumsi suplemen vitamin C agar hasilnya lebih cepat dan optimal. Namun perlu diingat pula, bahwa penggunaan suplemen vitamin C harus benar-benar sesuai anjuran darokter karena jika tidak, justru bisa membahayakan bagi kesehatan.

Itulah sekilas penjelasan kali ini mengenai manfaat dan cara penggunakan jeruk nipis untuk membantu mengobati penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

(sumber: vivanews.com)