Liverpool Tetap Ikut Piala Dunia Antarklub 2019

Liverpool Juara Liga Champions 2019 (internet)

Liverpool Juara Liga Champions 2019 (internet)

Piala Dunia Antarklub 2019 tetap jadi di gelar dan Liverpool menjadi salah satu satu pesertanya. Hal ini dipastikan akan membuat The Red sangat sibuk musim depan.

Awalnya, sebagai juara Liga Champions,Liverpool terancam tidak bisa tampil di Piala Dunia mini. Sebab FIFA belum menentukan tuan rumahnya dan ada wacana turnamen itu akan disetop untuk dua tahun ke depan.

FIFA akan merancang proposal untuk mengundang klub lebih banyak lagi dan akan dibentuk turnamen antarklub seperti layaknya Piala Dunia pada 2022. Sebagai informasi, dalam dua tahun terakhir, Adu Dhabi selalu jadi tuan rumahnya.

Namun isu tersebut akhirnya terbantahkan setelah FIFA mengeluarkan pernyataan resminya bahwa Qatar akan jadi tuan rumah untuk dua edisi ke depan, 2019 dan 2020. Ini juga jadi ajang ujicoba untuk Qatar sebelum menghelat Piala Dunia 2022.

Piala Dunia Antarklub untuk dua edisi ke depan ini juga jadi pilot project sebelum nantinya edisi terbaru pada 2021 diikuti 24 klub. Oleh karenanya, musim Liverpool yang baru nanti akan sangat sibuk.

Sebab, Liverpool akan tampil di tujuh kompetisi berbeda musim depan dimulau dari Community Shield, Piala Super Eropa, Premier League, Piala Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub, Piala FA, dan pastinya Liga Champions.

Tapi, Liverpool sebagai wakil Eropa akan mendapat keistimewaan untuk langsung tampil di semifinal Piala Dunia Antarklub bersama juara Copa Libertadores. Selain Liverpool, sudah ada empat klub yang memastikan diri tampil yakni Esperance de Tunis (Afrika), Monterrey (Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia), Hienghene Sport (Oseania), dan tuan rumah Al-Sadd.

Masih ada dua wakil tersisa yang menunggu yakni dari Asia dan Amerika Latin. Rencananya, turnamen ini akan dimulai sedari 11 Desember hingga 22 Desember. Liverpool sudah sekali mengikuti turnamen ini pada 2005 tapi dikalahkan Sao Paulo di final.*

(sumber: detiksport.com)