15 Napi Lapas dan Rutan Bebas

Kepala Lapas Kelas IIB A Batam, Robinson Perangin-angin memberikan SK remisi bebas secara simbolis kepada napi Rutan di masjid Rutan Batam, Rabu (5/6).Foto:Dedy/Haluan Kepri

 

BARELANG (HK) – Sebanyak 754 narapidana (napi) kelas II A Batam, Barelang mendapat remisi hari raya Idul Fitri 1440 H tahun 2019.

Dari 754 itu, sebanyak 9 narapidana dinyatakan bebas setelah mendapat remisi.

Menurut Kepala Lapas Klas II A Batam, Surianto mengatakan, jumlah warga binaan lapas yang mendapat persetujuan perolehan remisi khusus ini sebanyak 754 narapidana. Pemberian SK remisi ini pun setelah melakukan solat id dilapangan Lapas.

“Yang kita usulkan sebanyak 754 narapidana mendapat remisi khusus I (belum bebas), sedangkan ada 9 narapidana mendapat remisi khusus II (bebas karena mendapat remisi),” kata Surianto saat solat Id di lapangan Lapas, Rabu (5/6) pagi.

Dia juga mengatakan, dari 9 orang tersebut ada 8 orang yang langsung pulang bersama keluarganya. Namun 1 orang lagi masih menjalani hukuman subsidernya. 

“Yang langsung buka pintu ada 8 orang. Sedangkan 1 orang lagi masih menjalani hukuman subsidernya,” katanya lagi.

Lebaran ini lanjutnya, pihak Lapas Batam pun membuka 2 hari kunjungan bebas untuk para napi. Namun hal ini langsung dijaga ketat oleh personel Brimob Polda Kepri dan TNI.

“Dua hari saja kita buat kunjungan bebas buat para napi dan akan dijaga ketat oleh personel Brimob Polda Kepri dan TNI,” ujarnya.

Di waktu bersamaan, pihak Rutan Klas II A Batam juga memberikan SK remisi langsung bebas atau RK II 6 orang napi. Sedangkan sebanyak 225 orang napi lainnya hanya remisi pengurangan masa tahanan. Jadi tahanan yang mendapatkan remisi sebanyak 321 orang.

“Untuk saat ini ada 6 orang yang langsung bebas atau disebut RK II. Sedangkan yang lainnya sebanyak 225 orang hanya pengurangan tahanan saja,” kata Karutan klas II A Batam, Robinson Perangin-angin, paginya.

Selain memberikan SK remisi, pihak Rutan Batam juga membuka 3 hari kunjungan bebas bagi para tahanan. Mereka pun akan berkumpul dilapangan Rutan Batam, yang akan dijaga ketat oleh Marinir dan Polsek Sagulung.
Sagulung

Dengan pemberian SK remisi ini, pihak Rutan dan Lapas Batam berharap bisa lebih memahami tujuan pemidanaan agar kedepannya bisa menaati aturan hukum yang berlaku.(ded)

(Visited 33 times, 1 visits today)