Kehadiran ASN Pemkab Karimun Capai 98 Persen

Bupati Karimun H Aunur Rafiq menyalami pegawai di lingkungan Pemkab Karimun saat apel perdana usai cuti lebaran, Senin (10/6). ILHAM

Bupati Karimun H Aunur Rafiq menyalami pegawai di lingkungan Pemkab Karimun saat apel perdana usai cuti lebaran, Senin (10/6). ILHAM

KARIMUN (HK)-Kesadaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun untuk masuk kerja pada hari pertama usai cuti Idul Fitri semakin membaik. Buktinya, ketika dilaksanakan apel di halaman Kantor Bupati Karimun, Senin (19/6), hanya 2 persen saja pegawai yang tidak hadir karena sakit.

Apel perdana yang dipimpin Bupati Karimun H Aunur Rafiq dan dihadiri Wakil Bupati Anwar Hasyim serta Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah tersebut sekaligus halal bihalal dengan seluruh pegawai dan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Karimun. Kegiatan itu diwarnai dengan salam-salaman dan saling memaafkan.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq selaku pembina apel pagi mengucapkan selamat Idul Fitri 1440 Hijriyah sembari mengucapkan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh pegawai dan tenaga honor di lingkungan Pemkab Karimun.

Suasana haru menyelimuti hari pertama kerja usai libur lebaran tersebut.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 Hijriyah, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh pegawai dan honorer di lingkungan Pemkab Karimun. Liburan cuti lebaran sudah usai, sekarang kita kembali melaksanakan tugas seperti biasa,” ungkap Aunur Rafiq.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rafiq juga meminta kepada seluruh pegawai dan tenaga honorer agar meningkatkan kinerja mereka, karena setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa dan merayakan lebaran Idul Fitri. Karena sejatinya, seorang aparatur sipil negara itu adalah abdi masyarakat.

Aunur Rafiq juga menegaskan kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Karimun agar jangan melaksanakan open house pada saat jam kerja. Pihaknya
tidak melarang ASN saling kunjung mengunjungi ataupun bersilaturahmi sesama teman kantor, namun itu harus dilaksanakan pada jam istirahat atau pulang kerja.

“Kita tidak melarang pegawai untuk bersilaturahmi dengan cara saling kunjung mengunjungi dengan rekan-rekan se kantor, namun lakukanlah itu pada saat jam istirahat atau ketika sudah pulang kerja. Begitu juga tidak dibenarkan lagi melaksanakan kegiatan halal bihalal karena kita sudah melaksanakannya hari ini,”pungkasnya. (ham)