Makan Pisang Bisa Atasi Kram Saat Menstruasi

JAKARTA (HK)- Perut kram saat menstruasi dialami banyak wanita. Konsumsi pisang disebut-sebut bisa mengatasinya, benarkah?

Menstruasi merupakan kondisi yang selalu dialami wanita dalam siklus bulanan. Meskipun terjadi berulang kali, namun nyeri yang ditimbulkan tetap menjadi momok yang mengganggu dan ditakuti. Selain dengan konsumsi obat-obatan, ternyata buah pisang juga dapat mengurangi kram karena menstruasi.

Saat periode menstruasi berlangsung, uterus berkontraksi dan lapisan pada uterus luruh dan keluar sebagai darah kotor. Kemudian hormon yang terlibat dalam rasa nyeri dan inflamasi memicu otot uterus untuk berkontraksi.

Peningkatan hormon tersebut dapat menyebabkan kram dan nyeri menjadi semakin parah. Kondisi yang kurang menyenangkan ini dapat terjadi sebelum periode menstruasi atau saat berlangsung dan bertahan hingga 7 hari.

Wanita usia remaja biasanya mengalami nyeri yang lebih parah dibanding wanita dewasa dan lebih membaik jika sudah pernah melahirkan.

Nyeri yang timbul saat menstruasi terkadang sangat parah dan memicu rasa pusing, sakit kepala dan tubuh, nyeri pada payudara, pembengkakan tangan dan kaki, serta rasa nyeri lain yang membuat wanita selalu mencari jalan agara tidak merasakannya.

Selama ini cara seperti menempelkan heater pad pada bagain bawah perut, konsumsi obat penghilang nyeri, mandi air panas, dan lain-lain telah populer dan dicoba. Namun diantara berbagai cara yang ada, pola makan merupakan kunci yang paling mempengaruhi.

Terdapat beragam makanan alami yang dapat membantu mengurangi nyeri saat haid seperti brokoli, jeruk, salmon, dan semangka. Serta terdapat satu buah yang paling ampuh untuk mengusir nyeri yakni pisang. Buah lembut ini mengandung vitamin B6, vitamin C, magnesium, serta rendah akan kandungan lemak, kolestrol dan sodium.

Vitamin B6 memproduksi sel darah merah yang tentunya sangat baik bagi tubuh saat mengalami menstruasi dan mengeluarkan darah serta membantu dalam memelihara sistem saraf. Pisang dikenal kaya akan potasium yang sangat baik untuk mencegah retensi air dalam tubuh.

Selain rasa nyeri dan kram saat beraktivitas, setiap bulannya para wanita juga mengeluhkan susah tidur karena rasa tidak nyaman dan otot yang kaku. Dalam hal ini, konsumsi pisang juga berkontribusi dengan merelaksasi otot dan membuat seseorang lebih mudah beristirahat saat tidur di malam hari.

Tidak hanya itu, kandungan serat, potasium, dan magnesium dalam pisang juga memperlancar proses pencernaan dan buang air besar. Umumnya, menstruasi juga menyebabkan diare pada wanita, sehingga pisang akan membantu memperlancarnya.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa pisang juga mengandung gula alami yang meskipun sehat, tetap harus dibatasi jumlahnya. Terutama jika Anda mengonsumsi pisang dengan dijadikan smoothie, karena terlalu banyak konsumsi gula akan meningkatkan rasa sakit.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda dapat mengonsumsi pisang dengan campuran yogurt rendah lemak. Selain itu, menambahkan potongan pisang di atas sereal atau smoothie bowl juga sangat lezat dan menyehatkan.(sumber:detik.com)

(Visited 2 times, 1 visits today)