Derita Asam Urat, Jangan Konsumsi Makanan Ini

(internet)

(internet)

Ada tiga jenis makanan yang harus dijauhi penderita asam urat terutama saat Lebaran. Bagaimana tidak, setelah berpuasa selama sebulan penuh dengan menahan berbagai hawa nafsu. Dan saat hari kemenangan tiba rasanya semuanya terbayar penuh oleh kafitrian hati dan jiwa. Di momen ini, biasanya akan banyak tersaji makanan baik di rumah sendiri maupun di rumah sanak saudara.

Sayang rasanya jika kesempatan tersebut tidak dimanfaatkan untuk icip-icip berbagai kuliner lezat khas lebaran. Namun ada kabar buruk bagi Anda yang memiliki masalah asam urat, jangan sembarangan untuk mengonsumsi makanan.

Sebab beberapa makanan di hari raya bisa mengakibatkan asam urat. Nah berikut beberapa jenis makanan khas di hari raya yang harus dihindari penderita asam urat, diantaranya:

Pertama, Rendang. Cita rasa nikmatnya rendang memang tidak bisa diragukan lagi. Rendang juga kerap menjadi menu wajib yang perlu dihidangkan saat hari raya tiba.

Lantas kenapa penderita asam urat tidak disarankan makan rendang? Sebab bahan dasarnya dari daging sapi yang juga mengandung purin tinggi. Sehingga bisa mengakibatkan asam urat kambuh.

Kedua, Seafood. Makanan selanjutnya yang perlu dihindari penderita asam urat adalah seafood. Termasuk produk seperti udang, cumi-cumi dan kepiting, mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi.

Meski begitu, tetap di dalamnya juga terkandung senyawa purin tinggi yang tak baik untuk kondisi asam urat. Bahkan bisa menimbulkan kekambuhan asam urat jika dikonsumsi lebih banyak.

Ketiga, Jeroan. Tidak berbeda jauh dari rendang, jenis makanan yang satu ini juga menjadi salah satu menu makanan wajib saat hari raya. Jeroan banyak diolah pada sayur atau sup penting saat lebaran.

Namun ingat, jeroan ini juga tinggi purin yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat.

Itulah sekilas penjelasan mengenai beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat saat lebaran. Semoga bermanfaat.*

(sumber: viva.co.id)