Ukraina Juara Piala Dunia U-20

Timnas U20 Ukraina Juara Piala Dunia U20 2019. (internet)

Timnas U20 Ukraina Juara Piala Dunia U20 2019. (internet)

Ukraina menjadi juara Piala Dunia U-20 2019 setelah pada partai final, mereka berhasil mengalahkan wakil Asia, Korea Selatan, 3-1.

Dalam pertandingan di Lodz Stadium, Polandia, Sabtu (15/6/2019) malam WIB, Ukraina sejatinya tertinggal lebih dulu di menit awal pertandingan. Skuat Negeri Ginseng unggul cepat saat laga baru berlangsung lima menit.

Lee Kang-in membawa Korea Selatan memimpin 1-0 setelah sukses mengeksekusi bola dari titik putih. Hadiah tersebut didapat setelah Hwang Tae-hyeon dijatuhkan dalam kotak terlarang oleh bek Ukraina.

Namun, keunggulan Korea Selatan tak berlangsung lama. Pada menit ke-34, Ukraina sukses menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Vladyslav Supriaha setelah mampu memanfaatkan bola muntah di dalam kotak penalti.

Pada babak kedua, Ukraina giliran yang mengambil kendali permainan. Alhasil, tim dari Eropa Timur itu berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat brace yang dicetak oleh Vladyslav Supriaha pada menit ke-53.

Tertinggal 2-1, Korea Selatan sebenarnya memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun karena kesigapan lini belakang Ukraina, The Taeguk Warriors gagal mencetak gol penyeimbang.

Jelang laga bubaran, Ukrainan yang justru sukses mencetak gol ketiga. Ialah Heorhii Tsitaishvili, yang menjadi aktor kemenangan setelah mencetak gol pamungkas di menit ke-89.

Berkat hasil ini, Ukraina mencetak sejarah baru karena untuk pertama kalinya menjadi juara di Piala Dunia U-20. Tercatat, mereka menjadi negara kesebelas setelah Uni Soviet (sekarang Rusia), Argentina, Jerman, Brasil, Serbia, Portugal, Spanyol, Ghana, Prancis, dan Inggris.

Sementara itu, peringkat ketiga diduduki oleh Ekuador. Tim asal Amerika Selatan itu mengalahkan Italia lewat gol tunggal pada menit ke-104.*

(sumber: suara.com)