Diduga Korupsi PD 2022, Michel Platini Ditangkap

Michel Platini. (internet)

Michel Platini. (internet)

Mantan Presiden UEFA, Michel Platini ditangkap otoritas Prancis. Platini ditahan terkait penyelidikan kasus korupsi Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dilansir AP, Platini ditangkap terkait kasus pemberian status tuan rumah Piala Dunia 2022 ke Qatar. Hal itu dikonfirmasi oleh petugas pengadilan, yang mengatakan legenda sepakbola Prancis itu ditangkap pada Selasa (18/6) waktu setempat.

Platini ditahan di Kantor Kepolisian Yudisial Anti-Korupsi di luar kawasan Paris. Selain Platini, Claude Gueant, mantan penasehat mantan presiden Nicolas Sarkozy juga diperiksa, namun tidak ditahan.

Sejauh ini, pihak Platini belum memberikan respons terkait kabar penangkapan ini.

Platini dicurigai ‘bermain’ dalam pemilihan Qatar sebagai tuan rumah, yang diputuskan sejak 2010. Mantan gelandang Juventus itu kemudian disanksi Komite Etik FIFA larangan beraktivitas di sepakbola selama 6 tahun, sebelum bandingnya diterima dan sanksinya direduksi menjadi 4 tahun.

Penunjukkan Qatar, yang mengalahkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, menimbulkan kontroversi. Banyak pejabat FIFA ditangkap terkait penunjukkan Negara Teluk itu menggelar pesta sepakbola empat tahunan tersebut.

Diantaranya mereka yang ditahan adalah Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo. Platini, andai terbukti bersalah, bisa terancam hukuman penjara, kendati sanksi larangan beraktivitasnya akan gugur pada Oktober mendatang.*

(sumber: detik.com)

(Visited 17 times, 1 visits today)