Dirjen PHU Sosialisasikan Peningkatan Layanan Akomodasi, Konsumsi dan Transportasi

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (dua dari kanan) memberikan sambutannya. (ist)

Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA (dua dari kanan) memberikan sambutannya. (ist)

Tanjungpinang (HK) – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan sosialisasi peningkatan layanan akomodasi, konsumsi dan transportasi di Hotel Aston Tanjungpinang. Kegiatan dibuka oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Senin (17/6/2019) malam. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, dan 100 orang peserta.

Sri Ilham Lubis mengatakan pada 2018 indeks layanan kepuasan Jamaah Haji Indonesia atas pelayanan di Arab Saudi sebesar 85,23% dengan kategori sangat memuaskan. Angka tersebut menurut Sri Ilham Lubis sudah melampaui target nasional yakni sebesar 85%.

“Trend angka kepuasan jamaah atas layanan kita terus naik dari tahun ke tahun, oleh karena itu target kita naikkan menjadi 85,3 pada tahun 2019 ini dan kita yakin semua tercapai. Kami sengaja mengundang peserta dari Badan Pusat Statistik agar memahami bagaimana sistel pelayanan jamaah haji secara holistic,” kata Sri Ilham Lubis.

“Berkenaan dengan itu Dirjen PHU telah membuat standard pelayanan akomodasi, catering dan transportasi untuk musim haji tahun 1440 H/ 2019 M yang ini merupakan terobosan baru karena pada tahun sebelumnya kami belum membuat standarnya. Karena Perdirjen masih baru sehingga belum diketahui baik oleh calon petugas maupun calon jamaah haji, maka perlu melakukan sosialisasi ini,” jelas Sri Ilham Lubis.

Beberapa hal yang harus dipahami oleh calon petugas, stakeholders dan calon jamaah haji adalah antara lain system perhajian kita yang sudah menggunakan UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Keputusan Dirjen PHU Nomor 250 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Akomodasi, Konsumsim dan Transportasi Darat bagi Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi Tahun 1440 H/ 2019 M.

“Kami berharap dengan sosialisasi ini dapat memberikan informasi kebijakan baru tentang pelayanan Akomodasi, Konsumsi, dan Transportasi Darat Jamaah Haji di Arab Saudi kepada aparatur perhajian dan seluruh stakeholders dan memperoleh masukan dan pandangan dari berbagai pihak terkait kebijakan yang diterapkan,” ujar Sri Ilham Lubis.

“Oleh karena itu kepada para calon petugas jangan ada lagi misunderstanding dengan jamaah haji apalagi menyampaikan informasi yang sudah tidak up to date soal perhajian. Karena kami sudah melakukan berbagai terobosan baik di bidang akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat di Arab Saudi untuk memberikan kepuasan kepada jamaah,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, berharap pelayanan haji tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan mengingat upaya yang telah dilakukan oleh Kemenag.

“Kepada para calon petugas kami berharap agar bekerja dengan baik, sesuai dengan standar yang telah dibuat agar pelayanan semakin prima. Tunjukan meskipun BPIH tidak mengalami kenaikan, namun pelayanan kita semakin meningkat,” ucap Kakanwil.

Peserta sosialisasi berjumlah 100 orang, antara lain para pejabat dan pegawai di lingkungan Dirjen PHU Kemenag RI, para Kabid PHU se Indonesia, Biro HDI, para pejabat dan pegawai Kanwil Kemenag Kepri, dan perwakilan Badan Pusat Statistik. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mendatang. (fhy/r)

(Visited 7 times, 1 visits today)