IRT Tembesi Antusias Latihan Membatik

(dedi/haluankepri.com)

(dedi/haluankepri.com)

SAGULUNG (HK) – Sebanyak 150-an orang ibu rumah tangga (IRT) yang berada di kelurahan Tembesi, Sagulung antusias mengikuti pelatihan dasar membatik, di fasum Perumahan Permata Rabayu, Sagulung, Rabu (19/6/2019).

Kegiatan pemberdayaan masyarakat itu pun bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Deskranasda) Kota Batam yang dilatih langsung oleh pelatih profesional dari dewan kerajinan nasional.

Lurah Tembesi, Muhammad Hafiz, mengatakan, kegiatan pelatihan dasar membatik ini baru perdana dilaksanakan. Ini juga salah bentuk wadah bagi warga kelurahan Tembesi khususnya ibu rumah untuk menambah pengetahuan dalam membatik.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung program destinasi Pariwisata serta mendukung kerajinan daerah yang ada di Batam dan merangsang minat dan bakat warga.

“Kalo di kelurahan Tembesi ini baru perdana,” katanya lagi.

Selain meningkatkan program pariwisata, sambung Hafiz, program itu biusa meningkatkan perekonomian rumah tangga. “Ini masih pemula jadi kita hanya melatih dulu,” ujarnya.

Ia pun berharap warga bisa terus mengembangkan potensi kerajian membatik tersebut.

“Pelatihan dasar ini adalah menciptakan pengrajin profesional. Kedepannya akan di bentuk usaha bersama kelompok kreatif memfasilitasi hasil karya batik tersebut,” harapnya.

Ayu, salah satu peserta mengaku belum memiliki keterampilan membatik kegiatan pelatihan dasar ini.

“Harapannya pelatihan ini bisa terus bekelanjutan, mudah-mudahan produk hasil karya batik bisa terus berkembang,” ujarnya. (ded)

(Visited 84 times, 1 visits today)