Pekan Depan, Harga Tiket Pesawat Turun

(internet)

(internet)

Setelah melewati berbagai perdebatan, akhirnya tiket pesawat penerbangan domestik diputuskan turun. Hanya saja, keputusan tersebut hanya berlalu untuk pesawat penerbangan murah alias low cost carrier (LCC) dengan jadwal tertentu. Itu artinya tidak berlaku di seluruh penerbangan LCC dan juga full service seperti Garuda Indonesia dan Batik Air.

Keputusan itu juga berlaku mulai pada pekan depan. Persentasenya akan didasari dari laporan para maskapai LCC kepada pemerintah.

Garuda Indonesia Group, lewat maskapai berbiaya murahnya, Citilink akan mengikuti keputusan tersebut. Sedangkan untuk rute dan jadwalnya masih didiskusikan.

“LCC kan akan turun menurut kita bagus ya harapan kita memang seperti itu, sangat fair itu, jadi nggak semuanya turun, pasti kita ikuti. Kalau jadwal, turun tarifnya berapa, dan mana rutenya kita belum bisa info masih kita diskusikan nanti kita cek dulu ke Citilink,” kata VP Corporate Communication Garuda Indonesa Ikhsan Rosan, Jumat (21/6/2019).

Dengan begitu menurutnya maskapai dapat memberikan harga tiket yang sesuai namun tidak menjadi beban operasional.

“Jadi kita bisa tentukan harga yang baik buat masyarakat tapi maskapai nggak rugi,” ungkap Rosan.

Pemerintah juga akan menginisiasi penurunan pada biaya jasa bandara, harga avtur, hingga pajak-pajak perawatan, penyewaan, dan impor onderdil pesawat. Rosan juga mengatakan Garuda menyambut baik hal itu, katanya dapat membantu maskapai tetap terbang.

“Insentif dari pemerintah, pajak, bahan bakar, kebandaraan itu akan sangat membantu untuk maskapai tetap terbang. Itu memang harus dibantu oleh stakeholder lain,” kata Rosan.

“Dengan bantuan ini bikin kita bisa bernafas lagi lebih lega,” tambahnya.

Pemerintah sendiri baru saja menetapkan agar maskapai menurunkan biaya penerbangan LCC pada jadwal dan rute tertentu. Seminggu lagi, pihak maskapai akan diundang untuk membahas kembali penerbangan mana yang akan diturunkan maskapai. *

(sumber: detik.com)

(Visited 53 times, 1 visits today)