Nurdin Himbau Warga Minang Jaga Kekompakan

GUBERNUR Kepri, Nurdin Nasirun foto bersama dengan warga Minang.Foto:November Iwandra/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Datuk Alam Sati, HM Nurdin Basirum, yang sekaligus Gubernur Provinsi Kepri mengingatkan seluruh masyarakat Minangkabau di Kota Batam khususnya serta Kepri umumnya untuk selalu menjaga kekompakan, kebersamaan, serta kepedulian.

Sehingga menurut Nurdin, akan lebih terjalin silaturahmi serta kesolidan antara sesama masyarakat Minang di perantauan, dalam menggapai sebuah cita cita dan harapan yang lebih baik.

“Sebagai Datuk Alam Sati, saya diamahahkan oleh niniak mamak dari kampuang, para tokoh adat Masyarakat dan melindungi dalam menjaga marwah Minangkabau Kepri dengan baik,” kata Nurdin Basirun, Minggu (23/6) sore, ketika menghadiri acara Halal bihalal Ichsan Foundation, di Taman Aspirasi Nusantara, Tiban I, Kelurahan Tiban Indah, Sekupang.

Sebagai pepatah Minangkabau, sebut Nurdin, Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah yang artinya, terhadap seluruh masyarakat di Kepri, khususnya pada Ikatan Keluarga Besar Sumatera Barat, akan patuh kepada pemimpin, patuh kepada tokoh ulama, patuh kepada adat dan aturan. Sehingga bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Alhamdulillah, sebagai Datuk Alam Sati, saya akan selalu mendoakan. Semoga momentum kegiatan Halal Bihalal Ichsan Foundation, dan khususnya kepada masyarakat Minangkabau serta IKSB, akan selalu menjaga kekompakan, kebersamaan serta kepedulian sosial, dengan bersilaturahmi,” ungkap Gubernur Kepri ini.

Menurut Nurdin Basirun, kehadirannya dalam acara Ichsan Foundation tersebut, bukan saja sebagai Gubernur Kepri, akan tetapi sebagai tokoh masyarakat Minangkabau yang bergelar Datuk Alam Sati.

“Semoga keluarga besar Minangkabau di Kepri maupun sanak keponakan kami diperantauan, dapat selalu diberikan “Keberkahan oleh Allah SWT”. Sehingga mereka diberikan kemudahan dalam mengais rezeki di Kepulauan Riau,” ujar Datuk Alam Sati.

Sebagai Masyarakat Minangkabau di Kepri ini, imbuhnya, kami sudah berusaha, bekerjasama dan saling mendukung untuk kemajuan Kepri di bidang kemajuan perekonomian, di bidang pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Di dalam momentum acara Halal bihalal ini, atas nama pribadi maupun tokoh Masyarakat Minang, saya ucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan bathin,” pungkas Datuk Alam Sati.

Ketua Yayasan Ichsan Foundation, M Al Ichsan mengungkapkan, kegiatan Halal bihalal adalah sebagai ajang bersilaturahmi setiap tahunnya, dengan seluruh masyarakat Batam, tanpa ada pengecualian. Baik suku, ras, dan agamanya.

“Ini adalah momentum kebersamaan, dengan seluruh masyarakat Batam dan Kepri di dalam bersilaturahmi setiap tahun, mulai keberadaan kami di Batam, setelah Hari Raya Idul Fitri atau paska lebaran,” kata M Al Ichsan, dengan tulus, ramah dan santun.

Untuk tahun 2019 ini, ungkapnya, momentum Halal bihalal, Alhamdulillah telah dilaksanakan untuk yang ke 11 kalinya semenjak tahun 2008 silam, masuk ke Batam.

“Tahun pertama hingga ke lima, dilaksanakan dilapangan depan kantor, dekat Tiban Centre,”
ujar pria yang akrab disapa Abang Nusantara ini, dengan senyum.

Namun, imbuhnya, karena sudah di bangun sarana food court, maka acara Halal bihalal kita pindahkan ke Taman Aspirasi Nusantara, dekat Blok D, Tiban I, Kelurahan Tiban Indah, Sekupang, yang kebetulan di samping rumah kami,” tutur M Al Ichsan.

Artinya, ungkapnya, selama acara Halal bihalal yang ke 6 sehingga ke 11, kami selenggarakan di Taman Aspirasi Nusantara ini, Tiban I, sejak tahun 2013 silam, dan terlaksana dengan baik.

Menurut Abang Nusantara ini, dilaksanakanya Halal bihalal tersebut, tidak lain sebagai ajang bersilaturahmi, dengan seluruh masyarakat di Batam, di dalam bersuka cita dengan berbagai hiburan dan kuliner nusantara.

“Halal bihalal kami laksanakan sehari penuh, dengan mendatangkan artis lokal dan diluar Batam. Sedangkan untuk makanannya, kami sediakan 12 macam kuliner nusantara, dapat dinikmati secara gratis. Sehingga, kita semua dapat bersilaturahmi dengan suasana ceria,” papar M Al Ichsan, dengan gembira.

Terkait banyak kelompok masyarakat, ormas tokoh pemuda serta awak media, yang sudah menggadang gadang M Al Ichsan, sebagai 1 kandidat Walikota Batam tahun 2020, Ichsan tidak dapat menampiknya.

“Benar, sejak 3 bulan belakangan ini, sangatlah banyak saya baca dan lihat, di media sosial Fb, Wa grup, Instagram, bahkan dari media online, ada pemberitaan tentang saya yang masuk di ke dalam salah satu kandidat Calon Walikota Batam ini,” terang CEO Lintas Grup ini.

Namun, imbuhnya, semua itu adalah dorongan dan aspirasi di masyarakat, ormas, kelompok pemuda dan tokoh masyarakat, sehingga viral di media sosial dan media massa online.

“Saya ini hanya orang biasa, yang hanya punya cita cita serta harapan yang lebih baik. Baik itu untuk diri saya, keluarga dan orang lain, dalam bekerja serta berkarya,” ungkap Ichsan.

Sehingga papar Abang Nusantara, keberadaan saya di masyarakat Batam khususnya, mampu memberikan sumbangsih dan pelayanan pada masyarakat, sebagai pengambdian diri dalam menjalankan kehidupan yang lebih baik pula.

“Sejauh ini, saya belum ada mengatakan serta menyampaikan sebuah statemen pada media bahwa saya, akan menjadi kandidat Walikota. Namun jika Allah berkehendak, tentu hal lain,” pungkas M Al Ichsan, dengan tersenyum dan bercanda. (vnr).

(Visited 35 times, 1 visits today)