Dewan Terpilih akan Dilantik Akhir Agustus Mendatang

KABAG Humas DPRD Kota Batam, Taufik. Damri/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Batam melalui Kabag Humas DPRD Kota Batam, Taufik mengatakan, pelantikan anggota DPRD periode 2019 -2024 akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2019 mendatang.

Perencanaan pelantikan itu berdasarkan masa jabatan anggota DPRD yang masih berjalan saat ini, yakni akan berakhir pada 29 Agustus.

“Pelantikan calon dewan yang baru tanggalnya belum ada kepastiannya karena belum dijadwalkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Batam,” ucap Taufik kepada Haluan Kepri saat dijumpai di rungannya, Senin (24/6/2019) siang.

Lanjutnya, namun pelantikan itu kemungkinan besar akan dilakukan pada 29 atau 30 agustus mendatang, karena berdasarkan pelantikan anggota dewan yang masih aktif saat ini dilaksanakan pada 29 agustus 2014 lalu, maka untuk supaya tidak ada terjadinya kekosongan dewan yang baru itu juga dilantik pada tanggal tersebut.

“Apabila nanti masa jabatan Dewan yang sekarang berakhir maka langsung disambut dengan pelantikan anggota dewan yang baru,” tutur Taufik.

Dijelaskan Taufik, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan hal segala sesuatunya untuk pelantikan itu agar acara pelantikan itu nanti bisa terlaksana dengan baik dan sesuai yang diharapkan.

“Kita sudah mulai melakukan persiapan, yakni seperti terkait bentuk acaranya, perlengkapan dan fasilitas lain dan juga ruangan yang akan dipakai nantinya,” ungkapnya.

Ditambahkan Taufik, namun untuk nama-nama anggota Dewan yang akan dilantik itu hingga sampai saat ini belum didapatkannya secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

karena pihak KPU masih menunggu dari keputusan sidang yang sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini.

Walaupun sudah ada informasi yang beredar tentang nama-nama anggota Dewan yang terpilih untuk periode selanjutnya iti namun pihaknya masih menunggu informasi resmi dari KPU, karena sidang di MK itu bisa saja terjadi perobahan nama-nama yang akan duduk nantinya.

“Kami kemaren berkunjung ke KPU Kota Batam dan mereka belum bisa memberikan informasi kapan kepastian nama-nama anggota dewan terpilih itu keluar dan diumumkan secara resmi karena menunggu dari sidang di MK. Kalau nantinya sudah clear dan tidak ada masalah maka barulah diketahui dan juga diumumkan oleh KPU untuk anggota DPRD Kota Batam yang akan duduk untuk lima tahun kedepannya,” bebernya. (Cw64)

(Visited 138 times, 1 visits today)