BC Batam Gagalkan Penyelundupan Sabu di Anus

PEJABAT Bea Cukai menunjukkan barang bukti narkotika.Foto:November Iwandra/Haluan Kepri

BATAM (HK) – Tim penindakkan narkotika KPU BC Tipe B Batam, kembali menggagalkan aksi penyelundupan barang terlarang narkotika melalui anus ke luar Batam, Rabu (19/6) lalu, di Bandara Hang Nadim.

Selain telah menyita barang bukti (BB) berupa serbuk kristal methamphetamine alias shabu seberat brutto 317 gram, petugas anggar juga mengamankan seorang pria sebagai si pelaku berinisial S (43), WNI asal Lombok.

Kabid Humas dan BKLI KPU Tipe B BC Batam, Sumarna mengatakan, pengungkapan kasus penyelundupan tersebut berdasarkan sebuah kecurigaan petugas, saat melihat gerak gerik pelaku yang terlihat aneh.

“Kecurigan petugas muncul berdasarkan hasil profiling dan analisa gerak-gerik serta bahasa tubuh calon si penumpang yang menunjukkan kecemasan, seperti sedang menyembunyikan sesuatu,” kata Sumarna, Senin (24/6) siang.

Kemudian, imbuhnya, terhadap penumpang itu dilakukan pemeriksaan badan secara intensif dan pemeriksaan barang bawaan penumpang

“Tapi, atas pemeriksaan luar tidak ditemukan barang yang mencurigakan. Kemudian yang bersangkutan di bawa ke Rumah Sakit Awal Bros untuk pemeriksaan radiologi (rontgen),” paparnya.

Nah, ungkap Sumarna, berdasarkan hasil atas pemeriksaan rontgen, ditemukan keberadaan benda asing dalam tubuh yang berangkutan.

“Dan petugas memaksa S, agar mengeluarkan benda asing tersebut. Setelah keluar ternyata berupa 3 buah kapsul yang dibungkus dengan kondom. Setelah dibuka, ternyata berisi serbuk kristal. Dan setelah kami lakukan pemeriksaan narkoba tes, ternyata methamphetamine alias shabu,” sebut Kabid Humas BC Batam.

Diterangkan Sumarna, berdasarkan hasil atas pemeriksaan pelaku, diketahui barang haram tersebut akan diselundupkan ke Lombok NTB, dengan menumpang maskapai penerbangan.

[
“Petugas juga menyita 2 buah boarding pass Lion Air JT 0970 atas nama S itu. Diantaranya untuk tujuan Batam ke Surabaya, serta untuk
tujuan Surabaya ke Lombok, dengan boarding pass Lion Air JT 0178, juga atas nama S,” ujar Sumarna.

Untuk selanjutnya, tukas Sumarna, terhadap si tersangka dan barang bukti, sudah diserahkan dan dilimpahkan ke pihak Satnarkoba Polresta Barelang, untuk di proses lebih lanjut.(vnr).

(Visited 36 times, 1 visits today)