“Mari Tingkatkan Layanan Publik”

Walikota Batam, HM Rudi, Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, Kakan Kemenag Batam, H. Zulkarnain Umar, dan para pemenang lomba dan Ketua FKUB Batam, Prof. Chablullah Wibisono dan tamu undangan, foto bersama usai pembukaan Silaturrahmi dan Rakorpim yang diselenggarakan oleh Kemenag Batam di Crown Vista Hotel Batam, Selasa (25/6/2019). (istimewa)

Walikota Batam, HM Rudi, Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, Kakan Kemenag Batam, H. Zulkarnain Umar, dan para pemenang lomba dan Ketua FKUB Batam, Prof. Chablullah Wibisono dan tamu undangan, foto bersama usai pembukaan Silaturrahmi dan Rakorpim yang diselenggarakan oleh Kemenag Batam di Crown Vista Hotel Batam, Selasa (25/6/2019). (istimewa)

Kemenag Batam Gelar Silaturrahmi Wako dan Rakorpim

Batam (HK) – “Untuk mencapai tujuan dan kemajuan bersama, pelayanan terhadap publik menjadi sebuah keharusan. Jika layanan publik baik, maka, kenyamanan akan dirasakan. Jika sudah nyaman, investasi pun akan bisa berbondong masuk ke Batam.” Demikian disampaikan Walikota Batam, H. M Rudi, SE, MM, saat membuka Silaturrahmi Walikota Batam dan Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam di Crown Vista Hotel Batam, Selasa (25/6/2019).

Wako mengatakan, saat ini, hampir seluruh pemerintah daerah di Indonesia termasuk instansi vertikal, berlomba-lomba meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Tidak hanya Kemenag, kami pun di Pemerintah Kota Batam juga melakukan hal yang sama. Sebagai contoh, jika sebelumnya perizinan memakan waktu lama, kini hanya hitungan jam. Ini untuk apa? Untuk memberi rasa nyaman dan mempercepat pembangunan,” ucap Rudi lagi.

Dikatakannya, Rakorpim yang diselenggarakan Kemenag Batam merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan yang ada di Kemenag Batam.

“Dalam rakorpim pasti ada evaluasi dan proyeksi untuk tahun selanjutnya. Banyak yang akan dibahas dalam kegiatan ini yang salah satunya tentang peningkatan pelayanan publik,” ucapnya lagi.

“Saya menilai, saat ini Kemenag Batam sangat bagus memainkan perannya di tengah masyarakat. Keberadaan Kemenag Batam sangat dirasakan. Dan saya percaya, kedepan, Kemenag Batam akan semakin dekat di tengah masyarakat seiring upaya terus meningkatkan kualitas pelayananya,” papar Rudi lagi.

Dalam acara pembukaan yang diikuti oleh 70 peserta di lingkungan Kemenag Batam, turut hadir Ketua MUI Kota Batam KH Usman Ahmad, Ketua FKUB Batam, Prof Cablullah Wibisono, dan para tamu undangan lainnya. Rakorpim itu akan diselenggarakan selama dua hari sampai Rabu (26/6/2019) dengan tempat di Hotel Crown Vista Batam dan Aula Kemenag Kota Batam.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA, mengungkapkan, rakorpim itu merupakan sebuah sarana untuk melihat sejauh mana program yang telah dilakukan.

“Termasuk merencanakan program untuk waktu kedepan. Dalam rakorpim ini dibedah berbagai hal, dengan muaranya ada peningkatan kualitas pelayanan terhadap publik,” ucap Kakanwil.

Kakanwil mengharapkan, rakorpim yang diselenggarakan itu bisa melahirkan sejumlah inovasi.

“Muaranya tercipta kenyamanan seluruh umat beragama di Batam,” ucap Kakanwil.

Dikatakannya juga, keberadaan kemenag tidak hanya sebatas administratif, tapi lebih pada mengayomi seluruh umat beragama.

“Apalagi Batam dengan heterogennya masyarakat di daerah ini. Peran kemenag sangat penting,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Batam, H. Zulkarnain Umar, dalam laporannya mengatakan, dalam rakorpim itu akan dibahas berbagai hal.

“Sesuai dengan tema acara, ‘Moderasi Beragama dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik’, rakorpim ini selain mendengarakan paparan dari masing-masing satker, evaluasi, dan membuat program selanjutnya, juga akan diisi dengan penyampaian materi dari sejumlah narasumber,” jelas Kakan Kemenag Batam.

Dijelaskannya, saat ini, Kemenag Batam terus meningkatkan layanan publik.

“Di Gedung Mal Pelayanan Publik Batam Centre, Kemenag Batam sudah punya punya konter layanan. Demikian pula di Kantor Kemenag di Sekupang. Ada 20 produk layanan publik bisa dilakukan disana,” terangnya lagi.

Dalam kesempatan itu, turut diberikan hadiah pada pemenang lomba bahtsul kutub. Juara I diraih oleh Adamrin, Kepala KUA Batam Kota, Juara II, Nuruddin Kepala KUA Sagulung, dan juara III, Nazri Kepala KUA Galang. Masing-masing hadiah diserahkan oleh Kakanwil Kemenag Kepri, Walikota Batam, dan Kakan Kemenag Kota Batam.

Selain, Kemenag Batam juga menyerahkan bantuan operasional kepada FKUB Kota Batam yang diterima oleh Ketua FKUB Kota Batam, Prof. Chablullah Wibisono. Bantuan yang diberikan itu sebesar Rp50 juta. (fhy)

(Visited 35 times, 1 visits today)