Berharap Semua Anak Didik Kuasai Bahasa Inggris

Ria Natal SPd Guru Bahasa Inggris

BATAM (HK) – Menjadi guru Bahasa Inggris bagi sosok wanita kelahiran 25 Desember 1971 ini bukan hal yang mudah. Karena ia tahu tidak semua anak didik menyukai pelajaran yang ia ajarkan. Namun wanita bernama lengkap Ria Natal ini, memiliki trik tersendiri, yakni merangsang amak didik dengan berbagai metoda pembelajaran yang lebih menyenangkan. Dan ia selalu menciptakan sebagai sosok guru inspiratif sekaligus motivasi bagi anak didiknya.

“Ya metode pembelajaran harus mudah dan menyenangkan, saya lebih banyak menyampaikan pembelajaran dengan visualisasi, dan berbagai macam media, atau memngumpulkan pembendaharaan kata yang mudah dihapal dan tidak membosankan bagi anak didik belajar bahasa Inggris pemula,” ujar Ria yang kini mengajar bahasa Inggris di SMPN 4 Batam ini.

Bahkan ia sendiri di dalam kelas ketika mengajar atau bertemu dengan anak didik, kerap membiasakan percakapan dengan bahasa Inggris atau rutin mendatangi meja siswa sambil bicara bahasa inggris face to face. “Tidak mudah sih membuat anak didik dari yang tidak suka menjadi suka itu. Ya saya terus beri motivasi kata saya “Nak orang asing mau belajar bahasa kita itu harus datang ke Indonesia. Tapi kita dengan mudah belajar bahasa Inggris tidak perlu kesana cukup serius saja belajar disini karena bahasa Inggris merupakan bahasa Umum yang wajib kita kuasai,” kata Ria menirukan ucapannya.

Ria sendiri sangat berkeinginan membawa anak didik mempraktekan langsung percakapan bahasa Ingris seperti ke bandara, pelabuhan internasional atau ke tempat-tempat pariwisata yang banyak dikunjungi turis asing. Namun dikarenakan waktu terbatas keinginan itu belum terwujuda juga.

Namun demikian dari ilmunya itu telah banyak juga prestasi diraih anak didiknya hingga ketingkat nasional maupun internasional, seperti tahun 2010 saat ia mengajar di SMPN 10 Batam, salah seorang siswa bernama Jerry pernah mewakili Indonesia ke Canada untuk lomba Story Telling, dan Gema dari SMPN 4 Batam pernah meraih juara 1 tingkat Kepri dan mewakili ke tingkat nasional.

Begitu pula tahun 2013, siswi bernama Sunatra pernah meraih juara 2 di Semarang, Febriyanti tahun 2014 mewakili Kepri di Medan, dan tahun 2017 membawa SMPN 4 Batam juara 2, serta pada 25 Juni 2019 ini, siswa dari SMPN 4 Batam bernama Andri akan bertanding ditingkat nasional pada ajang Story Telling.

Prestasi Ria sendiri sebagai guru Bahasa Inggris cukup banyak, pernah menjadi finalis beasiswa AMINEF tahun 2015 dan instruktur bahasa Inggris untuk Provinsi Raiu (2005). Ia sendiri telah memegang sertifikat Toefel Level 523, dan hingga kini dipercaya Batamindo Muka Kuning mengajar bahasa Inggris bagi karyawan. Ria juga kerap diundang Polair Polda Kepri sebagai penterjemah bahasa Inggris bagi penangkapan kapal dan warga asing, dan sekarang dipercaya membina 15 siswa untuk persiapan lomba Story Telling.

Mengawali karirnya Ria usai menamatkan pendidikan di UNRI mengambil jurusan Bahasa Inggris tamatan tahun 1996 dan langsung bekerja di Pt Telkomsel Batam sebagai Public Relations (PR) hingga dilaluinya tahun 1997. Namun dikarenakan naluri mengajar semakin kuat, maka ia memutuskan masuk PNS menjadi guru Bahasa Inggris, dan pertama kali ditempatkan di SMPN 10 Batam hingga tahun tahun 2011. Kemudian tahun 2011 dipindah tugaskan mengajar di SMPN 4 Batam hingga sekarang. (men)

(Visited 35 times, 1 visits today)