Disdik Bintan Bangun 21 RKB, Tiadakan Belajar Double Shift

Bupati Bintan Apri Sujadi menyalami siswa-siswi saat berkunjung ke salah satu sekolah, beberapa waktu lalu. Apri memastikan mulai tahun 2019, sekolah di Bintan semuanya masuk shift pagi. NET

BINTAN (HK) – Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan tahun ini sedang membangun sebanyak 21 ruang kelas baru (RKB). Hal ini dilakukan dalam upaya menghapus belajar double shift (kelas siang).

Kepala Disdik Bintan, Tamsir, menjelaskan terdapat 21 RKB yang dibangun tersebar dibeberapa SD dan SMP di Kabupaten Bintan. Pembangunan ini dilakukan agar sekolah mampu menampung seluruh siswa baru untuk masuk kelas pagi. “Ya untuk menghapus proses belajar mengajar dua shift yang masih ada di sejumlah SD dan SMP,” ujar Tamsir, Selasa (25/6).

Ia mengklaim, penyebaran pembangunan RKB yang dilakukan sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada. Sekalipun pembangunan tersebut belum sepenuhnya menutupi kekurangan RKB yang ada yakni sebanyak 84 unit. Namun, pemerintah setiap tahunnya senantiasa mempertimbangkan pembangunan RKB disejumlah sekolah. Sehingga, kekurangan tersebut tinggal 45 unit lagi.

“Jadi untuk mengejar kekurangan RKB, pada anggaran tahun 2019 kita sudah melakukan proses pembangun 21 ruang RKB di sejumlah SD dan SMP,” terangnya.

Tamsir juga mengakui, bahwa masih ada beberapa sekolah-sekolah di Kabupaten Bintan yang memang masih kekurangan RKB .Hal itu diketahui dari peningkatan calon siswa baru di tahun ajaran baru tiap tahunnya. Hanya saja, penambahannya tidak begitu signifikan sekitar 5 persen tiap tahunnya. Sedangkan wacana untuk tahun mendatang, Tamsir menyebutkan ada beberapa SMP seperti SMPN 11 Bintan Utara, SMPN 3 dan SMPN 16 yang diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah siswanya pada tahun ajaran baru mendatang.

“Termasuk beberapa SD juga kita prediksi calon siswanya akan banyak. Dan prrlu dibangun RKB ditahun depan,” tutupnya. (oxy)