Jalan Nasional di Anambas Jadi Prioritas Kementrian

BUPATI i Anambas bersama rombongan Kemenkomaritiman sedang meninjau Jalan Nasional di Palmatak.Foto:Yudi/Haluan Kepri

ANAMBAS (HK) – Kementrian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mendesain pembangunan sejumlah jalan nasional yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Apabila tidak ada masalah dengan lahan maka 2020 akan dibangun, karena ini telah masuk dalam prioritas.

“Ini kita lagi desain apabila tidak ada kendala dengan lahan kita bisa bangun 2020, kita akan coba lihat permasalahannya, namun ini telah jadi prioritas,” ujar Ir Riel J Mantik, M.Eng,SC, Kasubdit Keterpaduan Perencanaan dan Sistem Jaringan Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan Direktorat Jendaral Bina Marga, yang hadir bersama Rombongan Kemenkomaritim ke Anambas di restoran Laluna, Kamis (27/6).

Ia mengungkapkan, pihaknya telah meninjau sejumlah akses jalan, salah satunya adalah akses bandara, dan saat ini dalam proses pembangunan dengan alokasi anggaran sekitar Rp30.Miliar.

“Saat mendarat kita langsung meninjau jalan akses bandara di Letung, kemudian sampai di Tarempa kita juga telah melaksanakan diskusi,” jelasnya.

Ia mengaku, tadi pagi pihaknya juga telah ke selatan tepatnya di Teluk Rambut untuk melihat jalan Nasional yang terputus, bukan jalannya namun itu jadi jalan Provinsi. Dalam prakteknya lanjut dia, penetapan SK Menteri dalam penetapan status jalan setiap lima tahun akan dievaluasi dan akan ditetapkan SK baru.

“Setelah itu kita meninjau arah simpang tiga Rintis kemudian pada soreh harinya meninjau jalan Peninting – Payaklaman,” paparnya.

Sebenarnya tambah dia persoalan jalan nasional yang masih belum diaspal itu bukan hanya di Anambas namun juga ada di Papua dan Kalimantan.

“Kedatangan kita ini untuk memprogramkan itu, dan pelaksanaanya akan dilakukan oleh teman-teman balai,” tuturnya.

Ia menegaskan, pembangunan infrastruktur jalan merupakan prioritas dan kewajiban bukan hanya APBN namun juga tanggung jawab APBD untuk sama-sama pelihara jalan itu.(yud)

(Visited 136 times, 1 visits today)